Pj Wali Kota Pekanbaru Hadiri Penagurehan Gelar Adat Kepada Kapolda Riau

Pj Wali Kota Pekanbaru Hadiri Penagurehan Gelar Adat  Kepada Kapolda Riau
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP saat menghadiri penganugerahan gelar adat kepada Kapolda Riau di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru, pada Jumat (29/9/2023)

PEKANBARU - Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menghormati Tuan Irjen Muhammad Iqbal, Kapolda Riau, dengan penganugerahan gelar adat di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru, pada Jumat (29/9/2023). 

M Iqbal menerima gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri, yang berhak dipanggil Datuk Seri, sebagai bentuk penghargaan seumur hidup atas kontribusinya, tidak dapat diwariskan. 

Penganugerahan ini berdasarkan pertimbangan matang, mengakomodir aspirasi masyarakat Melayu Riau dan hasil rapat majelis kerapatan adat Melayu Riau pada 24 Februari 2023. Keputusan ini diambil dalam rapat majelis kerapatan adat LAM Riau pada 17 September 2023 tentang penganugerahan gelar adat kepada Kapolda Riau, Irjen M Iqbal. 

"Gelar adat ini mencerminkan penghormatan terhadap tanah Riau dan kontribusinya. Gelar adat ini tentunya mewajibkan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dan negara sebagai salah satu orang Melayu Riau," kata Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri, Irjen M Iqbal. 

Kebaikan dan adab masyarakat Riau yang telah membuat keluarga besar Polda Riau dapat melaksanakan tugas yang telah diamanatkan dengan baik. 

"Kami bisa menjalankan tugas, berbangsa dan bernegara yang sangat nyaman dan damai di tanah Riau, itulah yang tidak bisa dibalas, seperti yang diungkapkan dalam sebuah pantun. Pidang emas dibawa berlayar, masak sebiji diatas peti. Hutang emas dapat dibayar, hutang Budi dibawa mati," pungkasnya. 

Sementara itu Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP yang menghadiri kegiatan tersebut, mengucapkan selamat kepada Irjen M Iqbal atas penabalan gelar ini. "Semoga gelar yang ditabalkan kepada beliau, dapat memberikan dampak positif. Terutama dalam beliau menjalankan tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Riau," ucapnya. 

 

 

 

 

 



 

 

Gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri menggambarkan kemampuan dan kekuatan seseorang untuk menciptakan keteraturan dalam kehidupan masyarakat, digunakan dengan kesetiaan terhadap tempat ia mengabdi. 

LAM Riau memberikan gelar adat kepada M Iqbal karena terobosannya dalam meningkatkan pelayanan masyarakat melalui Aplikasi Si Talam Manis dan berbagai aplikasi layanan masyarakat lainnya. (Adv)
 

Berita Lainnya

Index