Wakili Penilaian EKK Tingkat Provinsi Riau, Pj Wali Kota Yakin Kecamatan Marpoyan Damai Berikan Yang

Wakili Penilaian EKK Tingkat Provinsi Riau, Pj Wali Kota Yakin Kecamatan Marpoyan Damai Berikan Yang
Penjabat (Pj) Wali kota Pekanbaru Muflihun SST MAP saat menghadiri acara penilaian lomba evaluasi kinerja kecamatan tingkat provinsi Riau di Kantor Camat Marpoyan Damai, Selasa (10/10/2023)

PEKANBARU - Kecamatan Marpoyan Damai menjadi Perwakilan Kota Pekanbaru dalam penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK) tingkat Provinsi Riau tahun 2023. 

"Alhamdulillah untuk tahun ini untuk lomba penilaian EKK ini kita percayakan kepada Marpoyan Damai," ujar Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun SST MAP saat menghadiri acara penilaian lomba evaluasi kinerja kecamatan tingkat provinsi Riau di Kantor Camat Marpoyan Damai, Selasa (10/10/2023). 

Ia mengatakan memang ada sejumlah indikator yang dinilai. Namun dirinya lebih menekankan ke bidang pelayanan. 

"Karena camat ini kan pelayan dan bahkan hari ini tugasnya lebih dari yang lain, ketika ada pesan-pesan dari Pemerintah pusat juga diteruskan ke Camat, artinya selain tugas yang sesuai dengan tupoksi nya, ada juga tugas tambahan yang harus dikerjakan oleh Camat," katanya. 

Dirinya yakin Marpoyan Damai ini bisa memberikan hasil yang memuaskan. Marpoyan Damai juga ini kan di kota ya, jadi secara administrasi lebih dekat ke Pemko dan juga ke kantor Gubernur. 

"Jauh-jauh hari Camat sudah melaporkan ke kita, jadi memang sudah dipersiapkan. Artinya dia ikut bertanding untuk menjadi yang terbaik, insya Allah kita doakan Marpoyan jadi kecamatan terbaik dalam penilaian EKK tahun 2023," sebutnya. 

Dikatakan Muflihun lagi, sebenarnya untuk kantor-kantor Camat di Pekanbaru ini sudah baik. Hanya karena ini penilaian tentu yang pertama bagaimana administrasinya harus bagus dan tertib. Kemudian yang kedua ada inovasi juga dari Camat dalam hal pelayanan dan yang ketiga harus jelas SOP nya agar masyarakat yang mau berurusan itu tidak bingung. 

"Di samping itu juga bagaimana untuk turut serta dalam mengentaskan tugas dari pemerintah pusat seperti stunting, inflasi, kemiskinan ekstrem bahkan nanti untuk pesta demokrasi di tahun 2024," ucapnya. 

Camat Marpoyan Damai Fauzan mengatakan persiapan untuk mengikuti evaluasi ini sudah lengkap. Karena memang untuk evaluasi ini sudah menjadi tugas sehari-hari. Tentu secara administrasi memang harus rapi dan itu sudah dipersiapkan. 

"Jadi sesuai tugas camat baik tugas camat yang melekat dengan kewenangan ataupun tugas camat delegatif, semua itu kita dokumentasikan dan kita arsipkan," sebutnya. 

Harapannya melalui evaluasi ini bisa bertambah bagus dan bertambah lengkap administrasinya.  

 



 

"Dan yang tak kalah pentingnya adalah meningkatnya pelayanan kita pada masyarakat yang ada di Marpoyan Damai," ucapnya. 

Disampaikan Fauzan lagi, ada banyak juga inovasi yang ada di Kecamatan Marpoyan Damai. Seperti inovasi dalam melaksanakan kebijakan pusat yang sampai ke daerah kecamatan kelurahan. Seperti penanganan stunting itu ada aplikasinya. Namanya Sipenting yaitu sistem pencegahan stunting. Dan itu setiap bulannya rutin mengunjungi rumah warga yang punya balita stunting. 

"Kemudian adalah dalam hal layanan informasi untuk masyarakat yang butuh informasi layanan yang ada di kecamatan yang bisa diakses melalui WhatsApp. Selanjutnya ada juga pemberdayaan rumah edukasi lele di Kelurahan Maharatu dan sejumlah inovasi lainnya," pungkasnya. (Adv)

Berita Lainnya

Index