Komisi III Sidak Kondisi SMP Madani Pekanbaru

Komisi III Sidak Kondisi SMP Madani Pekanbaru
Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIP melakukan kunjungan mendadak ke SMP Madani Kota Pekanbaru, Jum'at (5/1/2024)

PEKANBARU - Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru Hamdani MS SIP melakukan kunjungan mendadak ke SMP Madani Kota Pekanbaru, Jum'at (5/1/2024) pagi. Hasilnya, Hamdani menemukan kondisi bangunan sekolah tersebut sudah rusak parah di beberapa bagian. 

"Iya, kami mendapat informasi dari warga dan juga orang tua siswa tentang kondisi SMP Madani yang pernah menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Pekanbaru, yang kondisinya saat ini cukup memprihatinkan, makanya saya melakukan kunjungan ke sini," kata Hamdani kepada wartawan usai kunjungan. 
 


Dalam kunjungan mendadak tersebut, Hamdani didampingi beberapa wali murid SMP Madani, ketua komite, Kepala SMP Madani dan juga terlihat Kabid SMP. Sekolah yang dibangun oleh pemko Pekanbaru di zaman Walikota Firdaus itu, kini kondisinya cukup memprihatinkan, terlihat bangunan asrama putra dan putri di sebagian besar kamar plafon-nya bocor dan drainase di belakang kamar yang banjir dan merembes hingga tergenang di bagian kamar mandi dan tempat menjemur pakaian siswa. 

"Bahkan instalasi listrik terlihat cukup mengkhawatirkan dan membahayakan. Makanya orang tua siswa melalui komite sekolah berinisiatif untuk bahu membahu membantu apa yang bisa dilakukan dan diperbaiki," katanya. 

Hamdani langsung melihat kondisi sekolah, asrama dan masjid tersebut, dan di banyak tempat khususnya asrama putra dan putri serta masjid terlihat banyak yang rusak dan kepala sekolah menyampaikan bahwa Pemko sudah menanggung biaya gaji guru, operasional dan makan bagi siswa, tapi tidak ada biaya perawatan gedung dan lainnya. 

"Sehingga pihak sekolah kesulitan untuk melakukan upaya perbaikan dan akhirnya orang tua siswa melalui komite sekolah bahu membahu untuk melakukan apa yang bisa dilakukan bersama," terang Hamdani.


Hamdani sebagai menyayangkan hal tersebut, kenapa pihak Dinas Pendidikan tidak memasukkan anggaran perawatan dan perbaikan SMP Madani, dan dia meminta agar anggaran perbaikan tersebut seharusnya ada di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. 

"Jika perlu kita akan panggil hearing Kadis Pendidikan dan perangkatnya untuk menjelaskan hal ini. Kenapa kerusakan yang terjadi tidak segera diperbaiki," ujar Hamdani yang juga Caleg PKS Dapil Marpoyan Damai ini.
 


Kabid SMP, Irvan yang juga sebagai Plt Sekretaris Dinas Pendidikan menyampaikan, akan segera memperbaiki bangunan asrama siswa yang rusak tersebut di awal tahun ini. 

Penyampaian Kabid SMP tersebut diapresiasi oleh Hamdani, DPRD akan kawal karena berhubungan langsung dengan keselamatan dan kenyamanan siswa dalam pendidikan di SMP Madani tersebut. 

"Kita juga akan usahakan tahun ini juga masjid SMP Madani juga bisa diperbaiki agar bisa digunakan kembali untuk salat berjamaah dan salat Jumat. Insyaallah akan kita usahakan tahun ini bisa diperbaiki," ujar Hamdani mengakhiri. (Galeri)

Berita Lainnya

Index