Pimpin Harlah Pancasila di Dumai, Presiden Jokowi Berbusana Melayu Riau

Pimpin Harlah Pancasila di Dumai, Presiden Jokowi Berbusana Melayu Riau
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Melayu Riau saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Lapangan Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Sabtu (1/6/2024)

Dumai - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Melayu Riau saat menjadi inspektur upacara Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Lapangan Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Sabtu (1/6/2024).

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat melayu Riau berwarna hitam corak keemasan, lengkap dengan tanjak. Baju tersebut juga pernah dikenakannya saat menerima gelar adat oleh LAM Riau pada 2019 lalu.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi Dodo mengatakan bahwa pancasila merupakan jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045.

Ia juga meminta masyarakat harus bersyukur bahwa negara indonesia kokoh dan stabil, di tengah gempuran dunia yang tak stabil.

"Masyarakat harus bersyukur bahwa negara kita kokoh dan stabil," katanya.

Ia juga menyebut negara hadir untuk masyarakat Indonesia. Negara juga berkomitmen atas pengembalian aset negara, salah satunya Blok Rokan.

"Blok Rokan di Riau ini merupakan upaya kita mengambil kembali aset negara, kita ambil alih dari Chevron yang telah dikelola selama 90 tahun. Ini bentuk nyata dari negara," kata Jokowi

Jokowi juga mengapresiasi bahwa produksi Blok Rokan 162 ribu barel per hari. Merupakan hal yang membanggakan.

"Blok Rokan yang dikelola PHR saat ini 25 persen dari seluruh produksi nasional," tukasnya

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Riau dengan mengikuti puncak upacara hari lahir Pancasila 1 Juni.

Upacara difokuskan di lapangan Upacara Komplek Pertamina Hulu Rokan (PHR) Kota Dumai.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju turut mendampingi Presiden Jokowi dalam upacara.

Mereka antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadi Muljono, Ketua MPR RI Bambang Soesastyo dan sejumlah menteri dan wakil menteri lainnya.

Selain itu, Pj Gubernur Riau dan seluruh Bupati Wali Kota di Riau juga turut hadir dalam upacara yang diikuti Presiden Jokowi tersebut.

Selain para pejabat, ribuan masyarakat umum juga antusias menunggu Presiden Jokowi.

Berita Lainnya

Index