Tugu Keris dan Songket Direhab

Tugu Keris dan Songket Direhab

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru akan merevitalisasi dua tugu di Kota Pekanbaru. Pemeliharan tersebut dilakukan karena monumen tersebut sudah dalam kondisi rusak.

Tugu yang diperbaiki tahun ini yaitu Tugu Keris yang berada di persimpangan Jalan Diponegoro-Jalan Patimura. Di lapangan terlihat beberapa pekerja tampak melakukan pembongkaran lantai keramik tugu dan akan diganti dengan keramik baru.

Lalu, Tugu Songket yang terlelak di Persimpangan Jalan Tuanku Tambusai - Jalan SM Amin. Perbaikan tugu ini dilakukan karena kondisinya yang kian memprihatin. Terlihat pagar yang mengelilingi monumen tersebut sudah patah dan bengkok akibat peristiwa kecelakaan beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, membenarkan jika pihaknya sedang melakukan perbaikan dan pemeliharan terhadap kedua tugu tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Edu ini, revitalisasi tugu tersebut tidak mengubah bentuknya. Melainkan hanya memperbaiki bagian-bagian tugu yang mengalami kerusakan. Sebab bila dibiarkan tidak enak dipandang, karena monumen tersebut merupakan ciri khas Kota Pekanbaru.

"revitalisasi tidak mengubah bentuknya. Hanya dicat ulang dan diganti bagian-bagian rusak supaya tugu itu terlihat cantik," ujarnya.

Perbaikan Tugu Keris sedang berlangsung. Jika telah selesai maka akan dilanjutkan ke Tugu Songket. Dalam pengerjaan pemeliharaan, sebutnya, menghabiskan dana sekitar Rp100 juta yang dianggarkan melalui APBD.

"Anggaran perbaikan dua tugu itu Rp100 juta. Itu proyek PL (penunjukan langusng, red)," pungkasnya. (***)

Berita Lainnya

Index