Jembatan Siak IV Dijadwalkan Akan Dibuka Tanggal 16 Maret

Jembatan Siak IV Dijadwalkan Akan Dibuka Tanggal 16 Maret
Jembatan Siak IV Dijadwalkan Akan Dibuka Tanggal 16 Maret

PEKANBARU, SERAMBIRIAU. COM - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto mengungkapkan, hasil pleno menyatakan bahwa jembatan Siak 4  yang diberinama Marhum Bukit tersebut sudah dinyatakan layak dioperasikan berdasarkan rapat pleno Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) di Jakarta beberapa waktu lalu. 

"Tapi untuk pengoperasian jembatan kami butuh bukti otentik agar jembatan itu benar-benar legal untuk dilalui, yaitu terbitnya sertifikat layak operasi," katanya,  Rabu (13/3/2019) 

Menurutnya, saat ini sertifikat layak operasi jembatan sudah berada di meja Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menunggu ditandatangani.

"Staf Dinas PUPR sedang menunggu sertifikat itu dan kami perintah untuk mempertahankan soal sertifikat itu ke Kementerian PUPR," ujarnya.

Pihaknya memperkirakan,  sebelum tanggal 16 Maret 2019 mendatang, sertifikat layak dari Kementrian PU RI sudah diterbitkan dan diterima oleh Pemprov Riau. Sehingga pada saat itu jembatan bisa langsung dibuka untuk umum dengan izin gubernur Riau.

Seperti diketahui, setelah diresmikan 14 Februari lalu hingga kini Jembatan Siak IV yang menghubungkan wilayah Pekanbaru kota dengan Rumbai belum bisa dilewati, Kamis (28/2/2019). Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit hingga saat ini masih ditutup meski secara fisik jembatan ini sudah tuntas 100 persen.

Pihaknya akan langsung membuka jembatan Siak IV untuk dilewati masyarakat umum setelah mendapatkan serftifikat layak dari Kementrian PU.  (Src1

Berita Lainnya

Index