Tinjau Pelaksanaan Hari Pertama UN SMA di Sejumlah Sekolah, Disdik Riau Sebut UN di Riau Lancar

Tinjau Pelaksanaan Hari Pertama UN SMA di Sejumlah Sekolah, Disdik Riau Sebut UN di Riau Lancar
Tinjau Pelaksanaan Hari Pertama UN SMA di Sejumlah Sekolah, Disdik Riau Sebut UN di Riau Lancar

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengklaim pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA sederajat di Provinsi Riau berjalan lancar. Sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan dari pihak sekolah terkait kendala yang dihadapi selama UN hari pertama, Senin (1/4/2019).

"Sejauh ini masih aman dan berjalan lancar. Belum ada laporan kendala apapun," kata Kepala Dinas Pendidikan Riau, Rudyanto usai meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 12 Jalan Garuda Sakti Pekanbaru, Senin (1/4/2019).

"Tadi juga ada dari PLN dan Dewan Pendidikan meninjau ujian. Ini sebagai dukungan mereka agar pelaksanaan UN bisa berjalan lancar. Alhamdulillah sejauh ini di Riau UN masih berjalan lancar," imbuhnya.

Pada hari pelaksanaan UN, pihaknya melakukan pemantuan di sejumlah sekolah. Diantaranya, di SMA Negeri 1 Pekanbaru Jalan Sultan Syarif Kasim, SMA Negeri 12 Pekanbaru Jalan Garuda Sakti,  SMA Negeri 15 Pekanbaru Jalan Suka Karya serta SMA Negeri 2 Siak Hulu, Jalan Kubang Raya, Kampar.

Saat meninjau pelaksanaan UN hari pertama di SMA Negeri 2 Siak Hulu Rudiyanto sempat memberikan arahan kepada siswa agar tidak perlu cemas dan khawatir dalam menjawab soal ujian.

"Kerjakan soal ujian dengan jujur, jangan tergoda kunci jawaban. Percaya dengan diri sendiri saja," kata Rudiyanto.

Selain itu, Rudiyanto juga mengungkapkan, bahwa UN bukanlah penentu kelulusan. Namun dirinya tetap meminta kepada siswa untuk bisa serius dalam menjawab soal UN. Sebab nilai UN sangat penting untuk kebutuhan saat melajutkan ke perguruan tinggi nanti. 

"Memang UN ini bukan penentu kelulusan, tapi nilai UN ini sangat penting untuk melanjutkan ke perguruan tinggi," ujarnya.

Di sekolah ada 386 siswan yang mengikuti UN. Mereka terbagi dalam tiga sesi dan menempati 4 ruang ujian. Satu ruang ujian rata-rata berisi 30 an peserta ujian. 

Usai meninjau UNBK di SMA Negeri 2 Siak Hulu, rombongan Kadisdik Riau juga melihat pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 15 Pekanbaru, Jalan Cipta Karya Pekanbaru. Di sekolah ini siswa tampak serius mengikuti ujian. 

"Selamat menjalankan ujian, semoga lancar, dapat nilai yang bagus, dan lulus," kata Rudiayanto yang diamini oleh siswa.

Seperti diketahui, sebanyak 60.324 siswa SMA sederajat se Provinsi Riau akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Ribuan siswa tersebut tersebar di 438 sekolah di Riau. Mulai dari SMA negeri, swasta serta Sekolah Luar Biasa (SLB). Rincianya, 49 ribu siswa SMA, 11.287 siswa MA dan 37 siswa SLB. Sedangkan untuk jumlah sekolah 438 SMA, 283 MA dan 20 SLB. (Src1) 

Berita Lainnya

Index