Tak Perlu Obat, Ini Cara Atasi Nyeri Ulu Hati saat Maag Kambuh

Tak Perlu Obat, Ini Cara Atasi Nyeri Ulu Hati saat Maag Kambuh

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Maag memang merupakan penyakit yang sering terjadi, tidak mengenal usia dan jenis kelamin. Saat maag sedang kambuh, perut akan terasa sangat nyeri, terutama pada bagian ulu hati.

Nyeri pada bagian ulu hati terjadi karena asam lambung naik. Hal ini akan membuat sensasi yang sangat perih pada bagian ulu hati (heartburn). Selain itu, juga tenggorokan akan terasa tidak nyaman dan terasa sakit.

Kondisi seperti ini memang bisa diobati dengan menggunakan obat maag. Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut tanpa menggunakan obat.

Dilansir bertuahpos.com dari hellosehat.com, berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi perut nyeri akibat maag kambuh:

1. Coba berdiri tegak

Saat nyeri ulu hati, orang bisanya cenderung membungkukkan badannya untuk menekan perutnya yang sakit. Namun ternyata hal ini justru tidak akan memperbaiki kondisi. Oleh sebab itu, saat nyeri pada ukuran hati, disarankan untuk duduk dengan posisi badan posisi yang lebih tegak, serta bisa juga anda berdiri tegak. Hal ini dapat meringankan tekanan pada otot cincin, sehingga menghambat asam lambung untuk naik.

2. Melonggarkan pakaian

Pakaian yang sempit dan menekan akan em buat GERD semakin parah. Oleh sebab itu, saat nyeri terjadi, anda harus segera melonggarkan pakaian, atau bila perlu mengganti pakaian yang lebih longgar dan nyaman.

3. Tidur miring ke kiri

Sebuah penelitian penyebutan, tidur dengan posisi miring ke kiri, serta posisi kepala lebih tinggi dari tubuh akan menjadi bantu meringankan GERD. Dalam penelitian tersebut, apabila posisi ini dilakukan, maka asam lambung tidak akan naik, karena posisi persimpangan yang membatasi kerongkongan dan lambung tetap berada di atas cairan asam lambung.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan GERD atau nyeri ulu hati karena asam lambung naik (maag). Semoga bermanfaat. (BERTUAHPOS.COM)

Berita Lainnya

Index