Pecinta Kopi

6 KEDAI DAN WARUNG KOPI LEGENDARIS INDONESIA YANG WAJIB DISINGGAHI PECINTA KOPI

6 KEDAI DAN WARUNG KOPI LEGENDARIS INDONESIA YANG WAJIB DISINGGAHI PECINTA KOPI
(int) ilustrasi

Mau tahu dimana saja kedai dan warung kopi legendaris yang akan memperkaya referensi kulinermu?

SERAMBIRIAU.COM - Sebagai salah satu negara dengan penghasil kopi terbanyak di dunia, Indonesia memiliki jenis kopi khas nusantara yang beragam. Mulai dari Sabang sampai Merauke, kopi-kopi di Indonesia juga memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi akan kenikmatannya.

Bagi pecinta kopi, berlibur menjelajahi Indonesia rasanya akan terasa kurang lengkap jika belum singgah ke kedai atau warung kopi legendarisnya. Selain karena cita rasa dan aroma kopinya yang sangat khas serta tidak pernah berubah dari masa ke masa, nuansa kedai atau warung kopi tersebut biasanya sukses membawa pengunjungnya bernostalgia seperti sedang melintasi lorong waktu ke jaman dahulu.

1. Solong Ulee Kareng Coffee, Aceh

Usianya tak muda lagi, membuat warung kopi bernama Solong Uleee Kareng Coffee ini menjadi salah satu yang paling populer. Uniknya nama “Solong” sendiri merupakan nama panggilan dari sang pemilik warung ini, Muhammad Solong atau Abu Solong. Hingga kini, warung kopi ini masih terus eksis dan bertahan di bawah naungan penerusnya yaitu Cak Nawi.

Secangkir kopi penuh kenikmatan mungkin kata-kata yang tepat untuk menggambarkan cita rasa kopi di Solong Ulee Kareng Coffee. Jenis kopi yang digunakan adalah kopi robusta yang dicampur dengan bahan-bahan unik seperti gula, mentega, dan biji jagung. Racikannya yang sempurna, membuat kekayaan cita rasanya dapat dirasakan mulai dari seruputan pertama.
 

Alamat: Jalan T. Iskandar Muda No.13-14,Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, Aceh
Jam buka: Setiap hari, 06.00 AM – 11.00 PM
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

2. Kedai Massa Kok Tong, Pematang Siantar

Bagi pecinta kopi kental, pekat, dan pahit maka sangat disarankan untuk mengunjungi kedai kopi bernama Kedai Massa Kok Tong. Didirikan sejak tahun 1925, kedai kopi ini berdiri berkat seorang perantau asal negeri Tiongkok bernama Lim Tee Kee. Dari dulu hingga kini, kedai kopi ini masih berdiri di tempat yang sama di Jalan Cipto No 115, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Kualitas kopi di Kedai Massa Kok Tong sudah terkenal di kalangan para pecinta kopi. Bahkan untuk membuat cita rasa yang khas, sang pendiri sendirilah yang memilih biji kopi terbaik hingga meraciknya. Berkat kesuksesannya, kini kedai kopi ini berhasil memiliki pabrik pengolahan kopi sendiri dan membuka cabangnya di daerah lain.

Alamat: Jl. Cipto No.115, Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara
Jam buka: Setiap hari, 06.30 AM – 11.30 AM
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

3. Warung Kopi Ake, Belitung

Berkat film Laskar Pelangi, nama Belitung semakin dikenal oleh banyak orang. Tidak heran kan jika kini Belitung menjadi salah satu daerah favorit wisatawan untuk berlibur. Namun siapa sangka dibalik kekindahan serta keeksotisan alamnya, daerah ini memiliki sebuah kedai kopi yang sangat legendaris bernama Warung Kopi Ake.

Warung Kopi Ake telah berjualan kopi sejak tahun 1922 dan menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan dalam hal kuliner. Keaslian cita rasa kopi ini tak pernah berubah dari dulu hingga sekarang karena masih menggunakan peralatan yang sama dalam proses membuat kopi berupa gentong air, katel, alat penyulingan air, dan teko air. Jika berkunjung ke warung ini disarankan untuk mencicipi menu andalannya seperti kopi susu dan teh susu yang sangat nikmat.

Alamat: Jl. KV Senang 57, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Jam buka: Setiap hari, 07.00 AM – 00.00 AM
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

4. Kedai Es Kopi Tak Kie, Jakarta

Di balik hingar bingarnya dan kemajuan kotanya, di Jakarta kamu dapat menemukan sebuah kawasan dengan nuansa Tionghoa yang masih eksis berdiri bernama Glodok. Di kawasan ini pula terdapat salah satu kedai kopi terkenal yang seringkali diliput media sebagai salah satu kedai kopi legendaris bernama Kedai Es Kopi Tak Kie yang sangat direkomendasikan bagi pecinta kopi.

Berbagai macam pilihan jenis kopi ditawarkan di Kedai Es Kopi Tak Kie seperti kopi robusta dan arabika yang berasal dari Lampung, Sikidang, hingga Toraja. Kopi hitam dan kopi susu merupakan menu andalan yang dibuat dengan resep turun temurun sejak kedia ini dibuka tahun 1927. Tak hanya soal rasa, interior bangunan ini juga masih mempertahankan bangunan lama yang kaya akan dengan nuansa Tionghoa dan nostalgia jaman dahulu.

Alamat: Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, Pinangsia, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 06.30 AM – 00.30 PM
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

5. Warung Kopi Purnama, Bandung

Banyak orang bilang jika kota kembang, Bandung, merupakan kota dengan insan muda yang penuh dengan kreativitas. Kota ini juga menjadi salah satu kota favorit bagi warga Jakarta yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan. Alasannya tak lain karena banyaknya destinasi wisata, taman terbuka, mall, restoran, dan kafe yang dapat dikunjungi saat di Bandung.

Salah satu hal yang kini makin menjamur adalah coffee shop atau kedai kopi yang makin hari makin banyak pilihannya dan baru. Namun dibalik banyaknya kedai kopi yang kekinian, Warung Kopi Purnama masih banyak diminati oleh para pecinta kopi. Kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an, warung kopi ini menggunakan biji kopi dari asal sang pemilik yaitu Medan sebagai bahan utamanya. Agar makin lengkap, pesanlah roti srikaya yang memiliki rasa sangat khas dan cocok untuk menemani kopimu.

Alamat: Jl. Alkateri No.22, Braga, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam buka: 06.30 AM – 10.00 PM
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

6. Warung Kopi Phoenam, Makassar

Dari Sulawesi, kamu dapat menemukan sebuah warung kopi legendaris yang sudah ada sejak tahun 1946 bernama Warung Kopi Phoenam. Warung kopi yang didirikan oleh Liong Thay Hiong ini pertama kali dibuka di Makassar dan kini telah mencapai kesuksesannya dengan membuka cabangnya di Jakarta dan Surabaya.

Kopi khas Toraja yang dikenal akan kenikmatannya dipilih sebagai biji kopi yang digunakan sebagai bahan utama. Selain hal itu, rahasia kenikmatan dari secangkir kopi buatan warung ini ada pada air seduhannya. Berbeda dengan warung atau kedai kopi lainnya, di tempat ini air seduhan kopi sudah disiapkan sejak dini hari yang membuat rasa lebih nikmat.

Alamat: Jl. Jampea No.5E, Pattunuang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Jam buka: Setiap hari 08.00 AM – 06.30 PM
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

Terdiri dari beragam budaya, suku, dan daerah, membuat hasil olahan alam seperti kopi di Indonesia juga beragam. Hal inilah yang membuat kekayaan cita rasa khas nusantara kopi Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dengan mengunjungi 6 kedai dan warung kopi tersebut, kamu akan tahu bahwa kualitas kopi negara kita tidak kalah dengan negara lain. Pergilah dan rasakan langsung kenikmatan dari secangkir kopinya!. (Tripzilla.Id)

Berita Lainnya

Index