Soal Serangan Penyakit Monkeypox, Pemprov Riau Masih Tunggu Arahan Pusat

Soal Serangan Penyakit Monkeypox, Pemprov Riau Masih Tunggu Arahan Pusat

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Pemprov Riau hingga saat ini belum bisa berbuat banyak untuk mengambil tindakan terhadap serangan penyakit monkeypox atau yang biasa dikenal dengan cacar monyet.

Penyakit menular yang disebabkan virus monkeypox ini, sejauh ini belum di temukan ada kasus yang diderita oleh masyarakat Riau. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, meski demikian masyarakat diminta untuk selalu waspada dan berperilaku hidup sehat. 

"Menunggu arahan Kementerian Kesehatan RI sebagai tindak lanjut di lapangan," katanya, Selasa, 14 Mei 2019.

Dijelaskannya, mengingat kasus monkeypox sudah mendapatkan penanganan dengan diisolasi dan karantina ketat di Singapura, maka kemungkinan penyebaran penyakit ini cukup kecil.

Dijelaskannya, Pemprov Riau mendorong agar Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) meningkatkan pengawasan ketat pada penumpang asal Singapura di Port of Entry (perlabuhan) dengan tidak mengganggu pelaku perjalanan.

"Dan kami meminta kepada masyarakat Riau tidak perlu resah dan panik dengan adanya penyakit ini. Kalau tidak terlalu penting, sebaiknya untuk menunda bepergian bepergian ke luar negeri," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika masyarakat di pelabuhan atau bandara menemukan gejala penyakit monkeypox diharapkan segera melaporkan ke KKP. (BERTUAHPOS.COM)

Berita Lainnya

Index