Khutbah Jum'at

Sertakanlah Allah Dalam Setiap Kegiatan Mu...

Sertakanlah Allah Dalam Setiap Kegiatan Mu...
doa (ilustrasi)

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Sertakanlah Allah dalam setiap kegiatan. Dan rasakan keberatan hidup menghampiri setiap detik perjalanan hidup kita.

"Allah sudah menjaga kita dalam setiap aktivitas yang kita lakukan. Oleh sebab itu diajurkan membaca doa sebelum melakukan kegiatan," kata Ustaz Zakaria, dalam khutbahnya, Jumat, 27 September 2019.

Dia menjabarkan, Islam mengatur kehidupan masusia dengan sangat baik. Mulai dari kita tidur hingga tidur kembali sudah ada anjuran-anjuran yang sebaik dilakukan.

Anjuran-anjuran itu meliputi doa dan adab. Dengan maksud dan tujuan agar senantiasa manusia menyertakan Allah dalam kehidupannya.

Doa merupakan bentuk permononan manusia kepada Allah agar setiap apa yang dilakukannya mendapatkan keridhaan Allah. Sedangkan adab dianggap penting untuk membedakan perilaku manusia dengan setan.

"Oleh sebab itu ada adab makan dengan tangan kanan jangan dengan tangan kiri. Masuk ke toilet dengan kaki kiri, kemudian keluar toilet dengan kaki kanan. Itu adab supaya apa yang kita lakukan tidak sama dengan perangai setan," jelasnya.

"Silahkan bekerja dan beraktivitas selagi masih diberi kesempatan hidup di dunia ini. Tapi jangan lupa sertakan Allah dalam setiap aktivitas itu, dengan berdoa dan berserah diri kepada-Nya. (bertuah)

Berita Lainnya

Index