• Follow Us On : 
ISSI dan Atlet Sepeda Pekanbaru Gelar 'Gowes Bersama' Alek Kurniawan bersama anggota ISSI dan Atlet Sepeda Pekanbaru melakukan 'gowes' pada Minggu Pagi (05/12/2021)

Tumbuh Kembangkan Bersepeda di Pekanbaru

ISSI dan Atlet Sepeda Pekanbaru Gelar 'Gowes Bersama'

Ahad, 05 Desember 2021 - 10:03:05 WIB

PEKANBARU - Rentang waktu 1490, Leonardo Da Vinci membuat rancangan gambar mesin seperti layaknya sepeda modern, namun sayangnya karya tersebut hanya menjadi penghuni lembaran sang maestro yang belum menjadi kenyataan, puncaknya tahun 1885 seorang berkebangsaan inggris, John Kemp Starkley membuat kendaraan transportasi yang dinamakan sepeda yang relatif aman karena sudah lebih mudah dikontrol.  Sepeda terus berevolusi dalam kisaran tahun 1890-an sampai era 2000-an sebagai alat transportasi ‘safety bike’ bagi perorangan hingga saat ini Peradaban baru sepeda modern terus bermunculan dan menjadi tren Ketika pelaksanaan pembatasan sosial akibat pandemic covid-19, walaupun enam bulan belakangan trennya agak sedikit menurun karena aktivitas yang kembali berjalan normal.

Sekilas cerita tersebut muncul pada sarapan pagi, selepas Alek Kurniawan Ketua Ikatan Sepeda Sport Indoneisa (ISSI) Pekanbaru bersama anggota ISSI melakukan 'gowes' pada Minggu Pagi (05/12/2021). Dimulai pukul 07.00 WIB di Kantor Dinas Ketahanan Pangan yang termutakhir dikenal dengan Kantor Disketapang Pekanbaru, Jl. Cut Nyak Dien No. 1 dan finis di Omah Joglo, Rawa Indah Kawasan Jl. Arifin Ahmad Pekanbaru. Bang Akur yang juga merupakan Kadis Ketapang ini menyampaikan bahwa Sepeda adalah alat transportasi bermesinkan tenaga manusia yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh manusia.

"Jadi ini luar biasa dan unik sebetulnya, sepeda sebagai alat transportasi bermesinkan tenaga kita, ya manusia," ujar Alek yang akrab disapa Akur.

"Olahraga ini (bersepeda) membutuhkan kombinasi ideal antara pernafasan dan denyut otot jantung agar kemampuan otot dan seluruh organ sistem gerak kita dapat bekerja secara maksimal," imbuhnya

Selain anggota ISSI, gowes kali ini juga diikuti oleh para atlet sepeda dari Bumi Smartcity Madani salah satunya Kunti Indrajati Pebalap Sepeda Cantik dari Riau yang telah melala buana dalam beberapa even besar. Di akhir kegiatan, Ayah tiga anak ini, atas nama ISSI Pekanbaru memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi yang telah berkontribusi dalam Kejurnas Balap Sepeda di Lubung Linggau, Sumatera Selatan pada tahun 2019 yang lalu.

Semenjak Alek Kurniawan MSi resmi terpilih kembali secara aklamasi menjadi Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Pekanbaru Periode 2021-2025 yang sebelumnya juga menjabat posisi yang sama pada periode 2016-2020, sedari awal memang sudah berkomitmen akan terus berupaya semaksimal mungkin menjadikan ISSI sebagai wadah dan tumbuh kembangnya cabang olah raga sepeda di Kota Pekanbaru.

"Sehingga bisa melahirkan bibit-bibit muda dalam olah raga sepeda, semoga wadah ini bisa jadi pemicu kebangkitan atlit-atlit sepeda kita di Pekanbaru," ujarnya saat orasi sebagai ketua ISSI Pekanbaru pada (12/01/2021) silam.

Sebagaimana dilansir dari cnbcindonesia.com 15 Juni 2021 yang lalu, menurut Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) terjadi penurunan harga sepeda, khususnya sepeda lipat hingga 20%-30%. Hal ini terjadi diperkirakan karena tren bersepeda mulai menurun sehingga menimbulkan oversupply.

Walaupun demikian, bersepeda pada prinsipnya masih diminati oleh sebagian masyarakat di tengah Adaptasi Kebiasaan Baru atau new normal, tandas Akur. Selain dapat menghilangkan kejenuhan selama pandemi, masyarakat juga bisa berolahraga pada waktu yang bersamaan.  Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa diharapkan dapat menggemari kegiatan bersepeda. Sebagian masyarakat memang melampiaskan hobi akibat keterbatasan bergerak saat PSBB dan/ataupun PPKM yang lalu dengan bersepeda. Masyarakat memiliki kesadaran lebih agar hidup sehat ketika pandemi datang, dengan pilihan yakni bersepeda.

Alek selaku ketua ISSI Pekanbaru juga mendukung penuh Kepemimpinan Jenderal Listiyo Sigit Prabowo yang juga Kapolri sebagai Ketum ISSI 2021-2025 yang terplih secara aklamasi dalam Munaslub Jakarta pada (03/04/2021) yang lalu.

"Kita dukung penuh kepemimpinan Bapak Kapolri selaku Ketum ISSI kita, Harapan berikutnya tentu bagaimana pembinaan dan pengembangan balap sepeda agar lebih baik lagi sehingga atlet sepeda kota pekanbaru dapat menuai prestasi bergengsi di tingkat regional dan nasional," pungkasnya.


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Olahraga

Kompetisi nasional diharapkan bisa adopsi protokol negara lain

Sabtu, 30 Mei 2020 - 20:57:36 WIB

Olahraga

Gubri Syamsuar Bakal Gratiskan Biaya Pemakaian Stadion jika Riau Tuan Rumah Liga 2 2020

Rabu, 15 Juli 2020 - 14:55:41 WIB

Olahraga

EVOS esports luncurkan program keanggotaan pertama di Asia Tenggara

Rabu, 03 Juni 2020 - 20:18:38 WIB

Usai Lebaran

PSPS Riau akan berlaga di Stadion Utama Menjamu PSMS Medan

Selasa, 17 Juli 2018 - 05:32:28 WIB

Olahraga

Akibat COVID-19, Menpora maklumi pembatalan ASEAN Para Games 2020

Senin, 11 Mei 2020 - 21:20:06 WIB

Olahraga

Resmi Tinggalkan Liverpool, Begini Pesan Terakhir Adam Lallana

Sabtu, 25 Juli 2020 - 13:28:13 WIB

BERGABUNG DI SINI