Berlangsung Meriah, Porwil Sumatera XI di Riau Resmi Dibuka

Berlangsung Meriah, Porwil Sumatera XI di Riau Resmi Dibuka
Foto bersama Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera, Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen Purn Suwarno, Plt Gubri Edi Natar Nasution, Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin di halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu (5/11/2023).

PEKANBARU - Pembukaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI resmi dibuka Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera, di halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu (5/11/2023) malam.

Dalam pembukaan, turut hadir Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen Purn Suwarno, Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Gubernur se-Sumatera, Ketua KONI Riau Iskandar Hoesin, Ketua KONI provinsi se-Sumatera, bupati/walikota se-Provinsi Riau, Ketua KONI kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Pembukaan multi event olahraga terbesar se-Sumatera tersebut berlangsung meriah. Dimulai dengan tari persembahan yang dilanjutkan dengan tari kolosal oleh 400 penari dari siswa SMP dan SMA.  

Kemudian penampilan marching band dari Satpol PP Rokan Hulu, serta menampilkan defile dari 8 kontingen peserta Porwil Sumatera XI Riau.

Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution mengatakan, bahwa Riau sebagai tuan rumah berkomitmen untuk menjalankan amanah yang telah diberikan oleh KONI Pusat kepada Pemerintah Provinsi Riau.

Sebagai tuan rumah ingin menyukseskan empat catur sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi.

"Kami sebagai tuan rumah komitmem, kami harus menjalankan amanah dengan sungguh-sungguh. Kami sebagai tuan rumah ingin menyukseskan empat hal, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kerakyatan, dan sukses administrasi," ujar Edi.

Menurutnya, dengan adanya Porwil di Sumatera dan Riau sebagai tuan rumah juga memacu Riau dalam mewujudkan DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) sehingga terwujud Indonesia yang berkarakter.

Ia juga berharap, pada Porwil Sumatera XI ini Riau bisa kembali meraih juara umum, sehingga mempertahankan juara umum ketiga kalinya.

"Kami berharap, selain sukses penyelenggaraan dan prestasi, Riau juga ingin menjadi juara umum kembali," harapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera, yang membuka Porwil Sumatera XI mengatakan, bahwa Porwil merupakan ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Pulau Sumatera.

Menurutnya, dengan Porwil ini dapat memberikan atlet-atlet di Sumatera berkesempatan tampil di PON Aceh-Sumut 2024 mendatang.

"Porwil ini adalah ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Pulau Sumatera. Pemerintah pusat telah membuat DBON untuk menuju Indonesia Emas sehingga olahraga di Indonesia lebih terarah dan menjadi industri," ujar Dwi.

Oleh karena itu, Ia berpesan agar atlet yang bertanding fair play dan menjunjung tinggi sportivitas.

"Selamat bertanding dan atlet yang bertanding tetap sportif dan menjujung tinggi sportivitas, serta memberikan prestasi yang membanggakan. Dan semoga porwil di Riau berjalan lancar dan sukses serta membanggakan," harapnya.

Sebanyak 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Porwil Sumatera XI. Yakni cabang, Sepakbola, Sepak Takraw, Bola Tangan, Voli Indoor, Renang, Atletik, Wushu, Barongsai, Catur, dan E-Sport. Ada 1.288 atlet dan 662 official yang bertanding pada porwil Sumatera XI Riau 2023. (***)

#Olahraga

Index

Berita Lainnya

Index