Ketum PSSI Baru Usulkan Perubahan Statuta

Ketum PSSI Baru Usulkan Perubahan Statuta
Erick Thohir

Jakarta - Erick Thohir baru saja terpilih menjadi ketua umum PSSI periode 2023-2027. Ia mengantongi 64 suara dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang dihelat di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (16/2/2023).

Pasca dinyatakan menang dalam bursa pemilihan, Erick Thohir mengklaim dirinya berencana mengusulkan perubahan Statuta PSSI mengenai representasi perempuan dalam manajemen sepak bola.

Sekadar informasi, statuta saat ini hanya mensyaratkan minimal satu perempuan dalam jajaran anggota komite eksekutif (exco) PSSI. Padahal menurut Erick, aturan di kancah olahraga internasional menyarankan terdapat sekurang-kurangnya 30 persen perempuan dalam susunan kepengurusan.

"Insyaallah itu akan menjadi salah satu dorongan perubahan statuta yang kita harapkan," tutur Erick Thohir setelah dinyatakan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI baru.

"Contoh saja, kalau tadi lihat, salah satu (syarat) pemilihan exco, minimal satu perempuan. Perturan dunia internasional olahraga itu (sekurang-kurangnya) 30 persen perempuan. Artinya apa? Ada yang harus kita perbaiki, bukan salah dan benar."

"Aturan kan dibuat oleh manusia juga, tetapi ketika terjadi perubahan, ya kita sebagai manusia harus beradaptasi. Itu salah satu contoh yang saya akan usulkan, bahwa keterwakilan perempuan di manajemen sepak bola paling tidak 20-25 persen, bukan hanya satu," imbuhnya.

 

Berita Lainnya

Index