Pilpres 2019

Fadli Zon Pastikan Gerindra-PKS Berkoalisi

Fadli Zon Pastikan Gerindra-PKS Berkoalisi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) disambut oleh Presiden PKS Sohibul Iman(kanan) saat mendatangi kantor DPP PKS untuk melakukan pertemuan dengan Partai PAN dan PKS, Jakarta, Ahad (24/12). (foto :republika)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan partainya sudah pasti berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk berkoalisi dalam Pemilihan Presiden 2010 mendatang. Namun demikian, Gerindra kata Fadli tetap terbuka mengajak partai politik lain.

"Ya dengan PKS kita sudah firm tapi kita berharap lebih banyak lagi dukungan dari partai lain supaya lebih kuat untuk menghadapi Pilpres dan Pileg," ujar Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Kamis (8/3).

Fadli menilai butuh dukungan kuat partai politik untuk mengajukan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019. Sehingga perlu koalisi besar partai politik, meskipun koalisi antara Gerindra dan PKS sudah memenuhi syarat 20 persen untuk bisa mengajukan pasangan calon presiden.

"Prinsipnya lebih banyak lebih bagus, kan dukungan dan jaringan lebih luas, lebih beragam, tapi kita melihat realitasnya nanti," kata Fadli.

Wakil Ketua DPR itu juga mengungkap deklarasi dukungan kepada Prabowo akan dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini deklarasi tengah dikumpulkan aspirasi dari sejumlah daerah terlebih dahulu. "DPD-DPD melakukan deklarasi kemudian ya mudah-mudahan dalam waktu dekat saya kira," kata dia.

Sementara, ia mengatakan dalam deklarasi tersebut juga belum menyebut figut pendamping untuk Prabowo. "Pendamping nanti akan dibicarakan dengan partai koalisi ya tentu orang yang disepakati bersama dan mempunyai elektabilitas yang tinggi dan bisa memenangkan pertarungan di pilpres 2019," ujarnya.

Adapun Gerindra memiliki 73 kursi dan PKS memiliki 40 kursi di parlemen. Dengan total 113 kursi, maka Prabowo telah mengantongi 20,17 persen kursi di DPR atau memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden. (republika)

Berita Lainnya

Index