Transaksi Offline di Pekanbaru Naik 2,5 Kali Lipat, Kredivo Bantu Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Transaksi Offline di Pekanbaru Naik 2,5 Kali Lipat, Kredivo Bantu Percepat Pertumbuhan Ekonomi

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai perusahaan kredit digital terkemuka di Indonesia, Kredivo terus memperluas penetrasi di kota tier 2 dan 3. Pekanbaru kini menjadi salah satu kota prioritas ekspansi Kredivo dengan total pengguna di Pekanbaru mencapai puluhan ribu pengguna.

Pekanbaru dinilai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan, terutama mengingat Pekanbaru sebagai simpul segitiga ekonomi  dengan letak geografis di antara Malaysia dan Singapura.

Potensi tersebut juga sejalan dengan pertumbuhan jumlah transaksi offline Kredivo di Pekanbaru yang terus mengalami pertumbuhan hingga 2.5 kali lipat selama tiga kuartal terakhir tahun 2023.

“Fokus kami saat ini adalah memperluas penetrasi Kredivo di kota tier 2 dan 3 serta membantu merchant lokal meningkatkan bisnisnya dengan integrasi Paylater sebagai metode pembayaran digital" kata Indina Andamari, SVP Marketing & Communications Kredivo.

Di Pekanbaru sendiri, kata Indo,  tren penggunaan Paylater yang meningkat menunjukkan bahwa Pekanbaru merupakan kota yang memiliki potensi yang menjanjikan bagi Kredivo.

"Menyambut potensi yang ada, kami akan melanjutkan perluasan integrasi dengan merchant lokal guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatkan nilai tambah merchant lokal di tengah preferensi masyarakat terhadap pembayaran digital," ujarnya.

Saat ini, Kredivo telah terintegrasi dengan lebih dari 10 merchant lokal Pekanbaru, diantaranya Batam Electronics, Duta Ponsel, Goldwin Ponsel, Harapan Ponsel, Kings, Miracle Store, Tangs Ponsel, WW Ponsel,  Dargan Cell, Just One Ponsel, Adi Ponsel, dan JC My Phone.

Integrasi ini diharapkan dapat membantu merchant meningkatkan bisnis mereka, terlebih melihat data Kredivo yang menunjukkan rata-rata jumlah pembelian (average order value) di merchant yang telah integrasi dengan Kredivo naik lebih dari 2 kali lipat  dan frekuensi transaksi pembelanjaan konsumennya naik hingga 3 kali lipat.

Selain itu, integrasi merchant lokal yang sebagian besar merupakan merchant produk gadget dan elektronik ini juga sejalan dengan tren penggunaan Kredivo di Pekanbaru yang didominasi kategori produk tersebut sebesar 21% dari total nilai transaksi setelah produk pulsa and voucher.

Perluasan integrasi Kredivo dengan merchant lokal di Pekanbaru juga diharapkan akan mampu mendorong  daya beli masyarakat seiring tersedianya metode pembayaran yang fleksibel dan terjangkau. Optimisme ini juga tercermin dari pertumbuhan nilai transaksi naik hingga 51% selama tiga kuartal terakhir tahun 2023.

"Bagi konsumen, Kredivo tidak hanya menawarkan fleksibilitas dalam metode pembayaran di berbagai merchant dengan opsi cicilan hingga 12 bulan dan bunga mulai 0%, tetapi juga memberikan pelanggan akses untuk melakukan top-up pulsa, paket data, pembayaran PLN prabayar, dan membayar berbagai tagihan lainnya," katanya.

Lebih dari itu, Kredivo bermitra dengan PT FinAccel Digital Indonesia, penyedia layanan pinjaman berbasis teknologi informasi yang dikenal dengan nama platform "KrediFazz", untuk memberikan produk pinjaman tunai tanpa anggunan dengan bunga yang terjangkau.

Guna terus menyeimbangkan peningkatan penggunaan dan jumlah pengguna di Pekanbaru, Kredivo terus melakukan berbagai upaya agar masyarakat dapat menggunakan Paylater dengan bijak.

“Kredivo aktif  melakukan kegiatan edukasi agar semakin bijak dalam menggunakan Paylater. Agustus 2023 lalu kami telah menyambangi Pekanbaru melalui gerakan Generasi Djempolan untuk mengajak ratusan generasi muda di  Pekanbaru agar menjadi pribadi yang kritis dan bijak dalam pengelolaan keuangan, termasuk pemahaman mengenai layanan fintech,” jelas Indina.

Sebagai platform keuangan yang resmi berizin dan diawasi oleh OJK, Kredivo juga berkomitmen untuk terus menerapkan responsible lending, yaitu dengan menawarkan bunga yang rasional dan terjangkau, selektif dalam menyalurkan kredit kepada pengguna yang dibuktikan dengan tingkat gagal bayar yang rendah, serta memberikan limit kredit secara proporsional sesuai dengan tenor dan kemampuan membayar konsumen.

"Promo istimewa telah disiapkan untuk pengguna Kredivo di Pekanbaru. Mulai dari sekarang hingga 31  Desember 2023, pengguna Kredivo berkesempatan mendapatkan diskon sebesar 5% hingga 500 ribu dan bebas cicilan selama 1 bulan untuk tenor 12 bulan," katanya. (***)

#Eknomoni

Index

Berita Lainnya

Index