BJ Habibie Kenakan Pakaian Melayu Riau di Upacara HUT ke-73 RI di Istana Negara

BJ Habibie Kenakan Pakaian Melayu Riau di Upacara HUT ke-73 RI di Istana Negara
Mantan presiden RI, Bj Habibie mengenakan pakaian Melayu Riau pada upacara HUT RI ke 73. (Int)

PEKANBARU - Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie melaksanakan hajat atau niatnya mengenakan pakaian Melayu pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di Istana Negara, Jumat (17/8/2018).

Sebelumnya saat melakukan kunjungan ke Provinsi Riau dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas), Bapak Teknologi itu sempat menyampaikan hajatnya kepada Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen. 

"Beliau pernah menyampaikan, mungkin kalau saya panjang umur, tanggal 17 Agustus saya akan memakai pakaian Melayu Riau warna kuning," kata Yoserizal Zen kepada CAKAPLAH.com, Jumat (17/8/2018) menirukan ucapan BJ Habibie.

Keinginan Presiden ke-3 itu menurut Yoserizal menandakan bahwa dirinya sudah pernah berada di Provinsi Riau, pusat kebudayaan Melayu.

Keinginan Presiden ke-3 tersebut langsung disampaikan Yoserizal kepada Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman. Lalu Gubernur merespon dan meminta Disbud mempersiapkan pakaian Melayu Riau untuk dikirim ke Jakarta. 

"Alhamdulillah hari ini saat upacara 17 Agustus di Istana Negara beliau memakai pakaian Melayu Riau warna kuning. Tadi saya mendapat kiriman foto beliau mengenakan pakaian Melayu," ungkapnya.

Mantan Kepala Biro Humas Setdaprov Riau ini menambahkan, BJ Habibie sangat terkesan dengan pakaian Melayu Riau. 

"Kesan beliau itu kebudayaan Indonesia dasarnya dari kebudayaan daerah. Salah satu budaya Melayu Riau," pungkasnya. (Src/ckp)

Berita Lainnya

Index