Tidak Bisa Mengunduh Foto Atau Video Di WhatsApp? Ini Solusinya

Tidak Bisa Mengunduh Foto Atau Video Di WhatsApp? Ini Solusinya
Ilustrasi (int)

Saat ini WhatsApp merupakan salah satu aplikasi sosial media yang populer dan banyak digunakan untuk berkomunikasi. Dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 1.5 milliar di dunia, WhatsApp berada di posisi ketiga di bawah Facebook dan YouTube yang menjadi peringkat teratas pengguna aktif terbanyak di dunia (Oktober 2018).

Wajar saja apabila WhatsApp memiliki pengguna sebanyak itu. Dengan kemudahan mengirim pesan singkat seperti foto, video , dan juga pesan suara. WhatsApp juga memiliki interface yang simple dan mudah dipahami baik dari orang tua hingga anak-anak dapat menggunakannya.

Walaupun dengan keunggulanya yang dimiliki aplikasi ini juga memiliki masalah. Salah satunya, tidak bisa mendownload foto, video, atau pesan suara yang dikirim oleh lain. Masalah-masalah yang umumnya dapat menyebabkan kesulitan adalah:

1.Telepon Anda mungkin mengalami masalah konektivitas.

Koneksi internet biasanya merupakan masalah yang utama dialami bagi beberapa pengguna WhatsApp. Konektivitas jaringan yang buruk dapat menyebabkan kegagalan dalam mengunduh foto, video, maupun pesan suara. Cobalah untuk membuka browser di smartphonemu untuk menguji jaringan, apabila tidak ada kendala, kemungkinan besar masalahnya tidak terletak pada konektivitas internetmu.

2.Tanggal dan waktu telepon Anda tidak disetel dengan benar.

Pengaturan tanggal dan waktu merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan dalam pengunduhan. Hal ini ikarenakan, apabila tanggal dan waktu tidak sesuai, maka kita tidak bisa terhubung dengan server WhatsApp untuk melakukan pengunduhan.

3.Terdapat masalah dengan kartu SD.

Apabila anda menggunakan penyimpanan file baik itu foto, video maupun pesan suara dengan kartu SD, maka kemungkinan masalahnya terdapat pada kartu SD anda. Ada 3 masalah utama yang menyebabkannya.
Yang pertama, tidak ada ruang kosong pada kartu SD anda, hal ini juga menyebabkan anda tidak bisa mengunduh file.

Sebaiknya berilah ruang kosong dan hapuslah file yang menurut anda tidak penting. Yang kedua, kartu SD yang di atur ke mode hanya membaca, hal ini juga menyebabkan tidak dapatnya WhatsApp mengunduh file yang diinginkan.

Yang ketiga adalah kartu SD anda mengalami virus atau rusak, apabila hal ini terjadi pada kartu SD anda, sebaiknya format kartu SD anda atau mengganti yang baru, apabila anda ingin format kartu SD anda sebaiknya mencadangkan dulu seluruh chat dan file yang sudah di unduh agar tidak hilang.

4. Perbaharui versi WhatsApp.

Hal lain yang dapat menyebabkan kegagalan ketika anda hendak mengunduh suatu file, kemungkinan versi WhatsApp yang anda gunakan saat ini sudah usang dan tidak bekerja dengan baik, sebaiknya anda memperbahurui versi WhatsApp anda saat ini.

5. Aplikasi WhatsApp anda yang bermasalah.

Apabila WhatsApp anda tetap tidak bisa mengunduh file maka anda re-install aplikasi WhatsApp anda, sebelum anda menghapus aplikasinya, sebaiknya cadangkan dulu chat history WhatsApp anda, agar ketika sudah mengunduh dan login kembali chat yang sebelumnya tidak hilang.

Beberapa hal di ataslah yang dapat menyebabkan kegagalam anda dalam mengunduh file baik berupa foto, video, maupun pesan suara. Mungkin dengan membaca artikel ini permasalahan yang anda alami bisa terselesaikan. Terimakasih. (Artikel ini kiriman dari Aditya Aprilia,  Mahasiswa Komunikasi UIN Suska Riau) 

Berita Lainnya

Index