• Follow Us On : 
Kadis Ketapang dan Tim, Gotong Royong di Kawasan siCANTIG Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Alek Kurniawan, SP MSi bersama pejebat eselon dan staf Disketapang melaksanakan kegiatan gotong royong bersama membersihkan lahan lokasi Cadangan Pangan Terintegrasi (siCANTIG) di Kelurahan Agrowisata Kecamatan

Kadis Ketapang dan Tim, Gotong Royong di Kawasan siCANTIG

Kamis, 27 Mei 2021 - 21:02:24 WIB

PEKANBARU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Alek Kurniawan, SP MSi bersama pejebat eselon dan staf Disketapang melaksanakan kegiatan gotong royong bersama membersihkan lahan lokasi Cadangan Pangan Terintegrasi (siCANTIG) di Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat, Kamis Pagi (27/05/2021).

Sasaran pelaksanaan gotong royong dipusatkan di sekitar lokasi bangunan Kandang Ayam dan Kandang Kambing siCANTIG yang dalam waktu dekat akan dimanfaatkan sebagai tempat penyerahan bantuan program KAMAPAN dan CSR BRI kepada DWP Kota Pekanbaru. Sebagaimana diketahui bahwa siCANTIG merupakan singkatan dari Lokasi Cadangan Pangan Terintegrasi yang berlokasi di Kel. Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat dengan luas Kawasan 5 ha. 

siCANTIG muncul dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan melalui gerakan kemandirian pangan di Kota Pekanbaru yang termutakhir dihadapkan pada tantangan dan permasalahan yang beragam diantaranya konversi lahan pertanian yang terus berkelanjutan karena perkembangan industri dan lokasi pemukiman terutama di daerah sentra bisnis selain itu perluasan lahan juga terkendala oleh kualitas tanah maupun kepemilikan lahan sehingga agribisnis pangan terkesan belum optimal.

Diperlukan langkah strategis untuk memperlihatkan bukti keberpihakan Pemerintah terhadap isu-isu Ketahanan Pangan yang salah satunya penguatan inovasi yang memadai melalui siCANTIG ini.

"Kegiatan bersih-bersih pagi ini melihatkan bukti keseriusan Keluarga Besar Disketapang untuk suksesi percepatan adanya siCANTIG ini," ungkap Alek Kurniawan.  

"Dalam waktu dekat akan ada penyerahan bantuan KAMAPAN, KRPL dan pengucuruan bantuan kepada kartini-kartini Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pekanbaru berupa bantuan bibit tanaman dan sarpras pendukung oleh Bank BRI disini," imbuhnya.

Mantan Sekretaris DPRD ini mengapresiasi keantusiasan anggotanya dalam kerja bakti ini. Seluruhnya terlihat sangat antusias bersama-sama melakukan pembersihan semak belukar dan sampah-sampah baik di sisi kiri maupun kanan di areal Kawasan bangunan kandang kambing dan Ayam tersebut.

Dalam kesempatan ini Alek juga menyampaikan bahwa beliau menyambut baik CSR BRI kepada DWP tersebut dikelola di Lokasi Cadangan Pangan Terintegrasi (siCANTIG) Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat. Artinya DWP Kota Pekanbaru kedepannya akan bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dalam kegiatan Pengembangan Kawasan Mandiri Pangan yang rencananya akan dipusatkan di Kawasan siCANTIG Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat. Bantuan dari Bank BRI ini diserahkan kepada DWP Kota Pekanbaru sebagai leading sector yang akan membudidayakan bantuan BRI tersebut yang terdiri dari bibit tanaman pangan dan rumah bibit.

Untuk memastikan lahan yang memadai, Kadis Ketapang dan tim sebelumnya sudah melakukan monitoring ke Kawasan siCANTIG pada Rabu, 28/04/2021 yang mana minggu sebelumnya, Ketua DWP Pekanbaru Ibu Fitriyani Jamil juga melakukan Survei ke Kawasan ini pada 20/04/2021.Finalnya pagi ini diltaja Gotong Royong bersama seluruh anggota Keluarga Besar Disketapang Pekanbaru. 

Selain itu Alek juga ingin memastikan kondisi terkini lahan Pemko Pekanbaru seluas 5 ha tersebut dan memberikan arahan kepada leading sector terkait untuk penggesaan finalisasi kegiatan-kegiatan yang sudah terfasilitasi di ABPD 2021 ini misalnya pemanfaatan lahan ini dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat  menjelang adanya pembangunan fisik kedepannya.

"Kita usahakan, lahan ini dimaksimalkan menjelang adanya pembangunan fisik kedepannya," pungkas Alek.


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Pusat Tak Kunjung Bayar 'Utang' DBH Rp1,7 Triliun, Ahmad Hijazi akan Kumpulkan Sekda se-Riau

Sabtu, 27 April 2019 - 12:14:02 WIB

Pastikan Bantuan Covid-19 Tetap Sasaran, Komisi I DPRD Pekanbaru Panggil Seluruh Lurah dan Camat

Rabu, 01 Juli 2020 - 14:36:23 WIB

DPRD Pekanbaru Sahkan Pemakaian APBD Murni 2020 Sebesar Rp2,34 T

Selasa, 03 September 2019 - 19:54:20 WIB

17.629 Siswa SMP Pekanbaru Lulus

Senin, 08 Juni 2020 - 12:26:10 WIB

Wako Buka Sosialisasi Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018

Jumat, 13 Maret 2020 - 09:14:54 WIB

Pemko Ajak Bupati Siak Bersinergi Sukseskan Pekansikawan

Senin, 18 Maret 2019 - 13:44:18 WIB

BERGABUNG DI SINI