ICMI Riau Gandeng Ombudsman Gelar Diskusi Cari Figur Pemimpin Peduli Pelayanan Publik

ICMI Riau Gandeng Ombudsman Gelar Diskusi Cari Figur Pemimpin Peduli Pelayanan Publik

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Bertempat Dhapu Ava Koffie Jl.Ronggowarsito, Sabtu 23 Maret 2024, MPW Pemuda ICMI Riau bersama Ombudsman RI Riau menggelar Diskusi Ramadhan dengan tema “Mencari Figur Pemimpin Peduli Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan PILKADA Berkualitas".

Turut hadir sebagai peserta adalah tokoh masyarakat Prof. Dr.H.Alaiddin Koto, Ketua ICMI Orwil Riau, Sekretaris ICMI Orwil Riau, Muhammad Sahal dan Ilham Muhammad Yasir, Ketua KPU Provinsi Riau.

Diskusi ini juga dihadiri oleh beberapa Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda serta Mahasiswa.

Nurdiansyah Sekretaris Umum MPW Pemuda ICMI Riau yang juga ketua panitia, mengatakan bahwa figur pemimpin yang diharapkan harus peduli terhadap pelayanan publik.

Sehingga akan berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan, administrasi kependudukan, perizinan transportasi, jalan, sampah, parkir, fasilitas umum dan pelayanan lainnya.

“Dalam Pilkada tahun ini di Provinsi Riau diharapkan bisa menghasilkan Kepala Daerah yang memperioritaskan pelayanan publik kepada masyarakat agar terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang di ridhoi oleh Allah Subhana Wata'ala," ucapnya.

Dalam kata sambutan, Ketua ICMI ORWIL Riau, Prof. H. Alaiddin Koto mengatakan memberikan apresiasi kepada MPW Pemuda ICMI Provinsi Riau yang dapat bersinergi dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau untuk melakukan diskusi ini.

"Semoga hasil diskusi ini bisa memberikan kemanfaatan kepada masyarakat," tuturnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Riau, Bambang Pratama yang menjadi narasumber mengatakan diskusi ini merupakan inisiatif publik yang berasal dari diskusi ringan Ombudsman dengan Pemuda ICMI.

"Ada harapan dari publik bahwa Pilkada bisa menghasilkan sosok kepala daerah yang memperioritaskan peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Provinsi Riau, tentu saja ini bisa dilihat pada visi misinya," jelasnya.

Ombudsman melihat lembaga kemasyarakatan seperti ICMI sudah melakukan hal tepat untuk berperan aktif melakukan diskusi pada ruang publik agar dalam penyelenggaraan Pilkada tahun ini menjadi pilkada yang berkualitas dengan menghasilkan sosok Pemimpin yang berkualitas pula.

"Penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU sudah seharusnya menjadikan Pelayanan Publik sebagai tema dalam debat Pilkada," jelasnya.

Supriyanto, Anggota KPU Provinsi Riau dalam paparannya mengatakan bahwa KPU selain sebagai pelaksana Pemilu juga bertugas untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar menjadi pemilih cerdas.

"Tapi ini tidak cukup, perlu peran publik untuk mengawal Pilkada agar hasilnya sesuai yang diharapkan," harapnya.

Sedangkan Amiruddin Sijaya, Anggota Bawaslu Provinsi Riau mengajak publik untuk bersama-sama melakukan pemgawasan agar Pilkada yang akan dilaksanakan berkualitas dan terhindar dari kecurangan.

"Kami mengajak publik untuk bersama-sama melakukan pengawasan agar Pilkada yang akan dilaksanakan berkualitas dan terhindar dari kecurangan," tuturnya.

Terakhir, Muammar Alkadafi, Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai akademisi menutup diskusi dengan meminta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada memaksimalkan perannya.

"Terkhusus kepada partai politik yang akan mengusung calon Kepala Daerah haruslah mencari sosok kader atau tokoh masyarakat yang berkualitas," ujarnya.

Ketua Umum MPW Pemuda ICMI Riau Dr. Tahidin mengatakan berkomitmen untuk mengawal Pilkada agar berkualitas dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas yang peduli terhadap pelayanan publik.

"Diskusi ini bukan hanya sekadar forum bicara, melainkan panggung untuk membangun visi bersama menuju masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Riau," tutupnya. (***)

#Komunitas

Index

Berita Lainnya

Index