Tingkatkan Rasa Kepedulian, Mahasiswa KKN Adakan Penanaman TOGA Secara massal

Tingkatkan Rasa Kepedulian, Mahasiswa KKN Adakan Penanaman TOGA Secara massal
Foto dikirim Melalui WA

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Mahasiswa KKN TEMATIK Kampung Buatan II Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak mengadakan Penanaman TOGA secara massal pada Kamis (15/8/2019) dan Gotong Royong pembersihan Green House di SMPN 1 Koto Gasib.

Sebelumnya pada Jumat (9/8/2019) Mahasiswa KKN mengunjungi SMPN 1 Koto Gasib untuk melaksanakan Sosialisasi TOGA sekaligus menjelaskan mekanisme penanaman dan perlengkapan serta bibit yang perlu di bawa oleh siswa.

Selain penanaman secara massal, siswa juga akan gotong royong bersama membersihkan Green House yang selama ini tidak terawat. Kemudian green house ini akan diisi dengan berbagai macam toga yang telah ditanam agar tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

Tujuan dilaksanakan penanaman massal ini agar siswa dan majelis guru ikut menanam langsung bersama-sama untuk meningkatkan solidaritas dan kerjasama. Selain itu, agar siswa mengetahui proses penanaman sampai dapat memanfaatkan hasil toga yang ditanam.

Turut hadir Kepala sekolah SMPN 1 Koto Gasib dalam penanaman massal ini serta beberapa majelis guru, sebelum melakukan penanaman seluruh mahasiswa KKN berbincang-bincang singkat dengan kepala sekolah untuk membahas sistematika penanaman dan monitoring setelah penanaman.

"Saya sangat berharap setelah penanaman ini nanti, dari anak-anak kami KKN agar bisa membantu monitoring perkembangan toga setelah ditanam ini" Ujar Kepala Sekolah.

Dalam penanaman massal ini sekitar 60 siswa mengikuti dari awal hingga akhir, terdiri dari kelas VIII.2, IX.2 dan IX.4.

Saat penanaman berlangsung siswa begitu antusias saling membantu dan bekerjasama untuk menyusun tanaman sesuai jenisnya masing-masing. Dalam penanaman ini dipandu langsung oleh Suningsih mahasiswa Agroteknologi KKN Tematik di Kampung Buatan II.

Ia menjelaskan persiapan yang dilakukan sebelum melakukan penanaman sampai proses perawatan tanaman seperti penyiapan lahan, budidaya bibit secara Vegetatif atau Generatif, pemotongan dahan serta penyiraman yang tepat.

Di akhir penanaman, mahasiswa KKN Tematik Kampung Buatan II memberikan kenang-kenangan kepada pihak sekolah serta foto bersama dengan kepala sekolah dan majelis guru. (Rls)

Berita Lainnya

Index