Perkuat Program Internasional, UMRI Jalin Kerjasama Dengan Unisza

Perkuat Program Internasional, UMRI Jalin Kerjasama Dengan Unisza

PEKANBARU - Semangat Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) untuk melebarkan sayap ke kancah internasional terus berkibar. Hal ini ditandai dengan kunjungan Rektor UMRI beserta tim ke Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia. Pertemuan dua universitas ini menyepakati kerjasama akademik yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) oleh Rektor UMRI dan Timbalan Naib Canselor UniSZA di Bilik Tetamu, Pejabat Naib Canselor, Universiti Sultan Zainal Abidin, Kampus Gong Badak, Selasa (09/05/2023).

Dalam sambutannya, Timbalan Naib Canselor Bidang Akademik & Antarbangsa UniSZA Prof. Dr. Zuhairah Arif Binti Abd Ghadas mengatakan,

"UniSZA sangat senang dengan kedatangan pihak UMRI. Pada dasarnya, UniSZA sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pihak luar karena melalui kolaborasilah kita bisa berbagi ilmu dan membuka jaringan antar bangsa". 

Dijelaskan secara lebih lanjut oleh Prof. Zuhairah bahwa kerjasama yang akan menjadi fokus terkait Program S2 dan S3, pertukaran mahasiswa dan dosen, dan seterusnya. Beliau menyampaikan bahwa melalui program pertukaran mahasiswa ini akan memberikan pengalaman luar biasa bagi mahasiswa dari kedua belah pihak.

"Mahasiswa bisa mempelajari budaya tempatan dan melatih kemampuan bahasa," dikatakan Prof. Zuhairah.

Menanggapi pernyataan Prof. Dr. Zuhairah, Rektor UMRI, Dr. Saidul Amin, MA, dalam sambutannya juga merasa bahagia bisa berkunjung dan membuka jalan untuk kerjasama dalam bidang akademik antar dua institusi ini.

"Kami dari UMRI sangat berbahagia disambut dengan luar biasa oleh UniSZA. Hendaknya ini jangan menjadi sleeping MoU. Perlu implementasi nyata setelah penandatangan ini. Dan sesungguhnya UMRI dan UniSZA memiliki dan moral responsibility yang sama untuk menyatukan ilmu dan agama. Kami yakin kerjasama ini akan memberikan sumbangan luar biasa bagi ilmu pengetahuan," dikatakan Rektor UMRI.

Secara rinci, kedua institusi ini menyepakati beberapa bidang kerjasama, diantaranya pertukaran dosen, penelitian bersama, dan publikasi bersama. Kerjasama ini akan langsung di implementasikan dimana Jurusan Keperawatan UniSZA akan berkunjung ke UMRI pada bulan Juni nanti melakukan beberapa kegiatan khususnya dengan Program Studi Keperawatan UMRI. (man)

Berita Lainnya

Index