Rektor Pimpin 2.400 Wisudawan Unri, Ini Pesannya

Rektor Pimpin 2.400 Wisudawan Unri, Ini Pesannya
Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE MSi memimpin wisudawan 2400 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Patimura, Selasa (25/7)

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE MSi memimpin wisudawan 2400 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Patimura, Selasa (25/7). Kegiatan diawali Sidang Senat Terbuka, dalam rangka Wisuda Program Pascasarjana ke-54, Program Profesi ke-48, Program Sarjana ke-117, dan Program Diploma ke-58.

Adapun rincian 2400 wisudawan Unri yakni dari Pascasarjana sebanyak 258 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 355 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 237 wisudawan. Lalu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 224 wisudawan.

Kemudian, dari Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPK) sebanyak 158 wisudawan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 294 wisudawan, Fakultas Pertanian (FT) sebanyak 162 wisudawan. Selanjutnya, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 372 wisudawan, Fakultas Hukum (FH) sebanyak 86 wisudawan, Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak 183 wisudawan, dan Fakultas Keperawatan (FKp) sebanyak 71 wisudawan.

Dalam amanatnya, Rektor mengatakan , bahwa upacara pengukuhan ini, wisudwan memperoleh sebuah gelar baru dari Universitas. Hal ini sebagai bentuk pengakuan terhadap kompentensi baru yang telah di raih serta mengemban tanggung jawab lebih tinggi satu tingkat dari pada sebelum nya.

"Kita menyadari, bersamaan dengan upaya yang telah rintis, tantangan yang ada di masyarakat yang menuntut kemajuan dunia pendidikan juga tidak kalah cepat perkembangnya," kata Rektor.

Melalui pendidikan yang kokoh kata Rektor,  akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh, akan dapat menjadi modal kuat bagi pembangunan bangsa ini. Terutama lanjut Rektor dalam penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berorientasi pada peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), kemampuan profesional serta produktifitas kerja.

Rektor menyampaikan, para wisudawan perlu kembali merefleksikan diri selama perkuliahan melalui pengukuhan wisudawan. Karena perguruan tinggi tinggi berguna dalam membentuk karakter diri melalui pembekalan diri dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki. "Melalui pengukuhan ini wisudawan menuai manfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar," jelasnya.

Maka para wisudawan Unri yang memasuki dunia baru harus tetap selalu optimis dalam melanjutkan cita-cita bersama membangun negeri dan berkontribusi dalam wujudkan Indonesia tangguh, Indonesia Maju.

"Dengan gelar yg sudah diraih, lulusan Unri dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki, menapaki karir dan Kembali ke tengah masyarat sebagai warga atau orang yang memberikan kontribusi nyata dan terbaik untuk kemajuan bangsa dan negara," harap Rektor.

Hal ini kata Rektor sejalan dengan Unri dari waktu ke waktu memantapkan diri menuju Kemandirian Universitas dan Go Internasional  dengan memperhatikan kesiapan Modal Manusia (SDM), sumber daya teknologi informasi, sumberdaya organisasi serta perubahan mindset dan perilaku serta budaya positif. "Tentunya semua itu bisa tercapai dengan adanya kolaborasi, kontribusi dan komitmen Bersama serta para alumni yang merasa memiliki dan keterikatan yang kuat terhadap almamaternya," ungkap Rektor.

Sementara itu, Unri juga sudah mencapai berbagai prestasi yang diperoleh seperti Proyek ADB sebesar lebih kurang 850 M yang akan selesai pada tahun 2024. Kemudian, juga prestasi dosen pada tahun 2022 lalu terdapat 20 Prototoype atau Produk Inovasi salah satunya, Manpack Surveillance Radar yang berguna untuk pengawasan wilayah laut Indonesia.

Dilanjutkan 13 Produk Hasil Pengabdian serta Pemberdayaan masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif serta Pengembangan Produk Lokal Desa melalui Program Desa Binaan dengan menghasilkan Kualitas Produk, terciptanya wirausaha mandiri berbasis IPTEK, Produk Tersertifikat (P-IRT), Produk terstandarisasi (BPOM, SNI).

Guru Besar Bidang Manajemen SDM menguraikan ada juga prestasi mahasiswa di tahun 2022 terdata 10 Mahasiswa Berprestasi tingkat internasional dan 333 Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional, pada tahun Juni 2023 terdapat 82 mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional. 

Selanjutnya prestasi mahasiswa, diraih dua Karateka Unri dari mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Meraih 3 Emas dan 1 Perunggu Event Gajah Mada Open Karate Championship 2023. Kemudian, Satu Mahasiswa Fakultas Kedokteran Wakili Universitas Riau Pada Pilmapres Tingkat Nasional Tahun 2023 dan juga peraih Global Youth Action Ambassador, Indonesian honor delegate for Global Goals Summit, Malaysia 2023.

"Universitas Riau juga merupakan perguruan tinggi yang menempati peringkat pertama Nasional pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023," tutup Rektor. (***)

#Akademika

Index

Berita Lainnya

Index