Cegah Stunting, Tim Kukerta UNRI Kolaborasi dengan Dinas Sosial dan Puskesmas

Cegah Stunting, Tim Kukerta UNRI Kolaborasi dengan Dinas Sosial dan Puskesmas

PEKANBARU - Tim Kukerta Mahasiswa Universitas Riau Koto Tuo Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting Kepada Masyarakat Desa Koto Tuo Barat dengan Melibatkan Dinas Sosial XIII Koto Kampar dan Kepala Puskesmas Gunung Bungsu. 

Kegiatan ini bertujuan memberi edukasi sekaligus mengingkatkan Masyarakat mengenai bahaya Stunting dan sekaligus langkah-langkah mencegah Stunting pada Masyarakat.

Alasan Kukerta Universitas Riau ini mengangkat isu Stunting sebagai proker utama di karenakan angka Stunting selalu mengalami kenaikan setiap tahun nya. Stunting sendiri merupakan kondisi dimana batita dan balita memiliki gangguan kepada tumbuh kembang nya, kondisi tersebut menyebabkan anak memiliki perawakan yang lebih pendek dan perkembangan motorik yang lambat dari usia seharusnya. Kabar baik nya Stunting dapat dicegah sejak dini bahkan sejak kehamilan.

Antusias pada ibu-ibu di tunjukan dengan banyak nya pertanyaan mengenai ciri-ciri Stunting yang terlihat pada anak mereka. Contoh anak mereka yang nafsu makan nya baik namun perawakanya kurus, atau anak yang berat dan tinggi badan nya tak kunjung mengalami perubahan dalam kurun waktu sebulan. Dan utuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di bantu oleh tenaga Kesehatan setempat.

Diakhir acara para peserta diberikan bubur kacang hijau karena di dalam kacang hijau terdapat kandungan float yang di butuhkan pada masa kehamilan. Walaupun bukan menjadi sumber utama, ibu bisa mengkonsumsi bubur kacang hijau sebagai asupan tambahan. Perlu diketahui bahwa manfaat asam float dalam kacang hijau untuk bumil membantu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Tidak hanya itu, float juga dapat diperlukan dalam produksi sel darah merah serta mencegah terjadinya gangguan otak dan cacat pada bayi. 

Berikut nama-nama mahasiswa Kukerta yang ikut dalam kegiatan tersebut, Al Fedri, Ardika Ridoh, Sitepanus, Aulia Chairunnisa  Rizki, Anisa Ayu Lestari, Dina Sasmita, Isnani, Eliyana, Jordan Matthew Tambunan, Nani Sovia, Siti Yusro dan Yunda Lestari. Dalam kegiatan ini mahasiswa tersebut mendapat bimbingan dari Dr. Merri Silvia Basri.M.Pd.

Berita Lainnya

Index