Galang Dana untuk Palestina, Besok Malam Pemprov Riau Gelar Tabligh Akbar Bersama UAS

Galang Dana untuk Palestina, Besok Malam Pemprov Riau Gelar Tabligh Akbar Bersama UAS
Ustadz Abdul Somad. (ist)

PEKANBARU - Tabligh Akbar bersama Ustadz Abdul Somad (UAS) sekaligus penggalangan dana untuk Palestina akan digelar, Jum'at (10/11/2023). Tabligh Akbar akan dipusatkan di Halaman Masjid Agung Annur dimulai pukul 19.30 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), Edy Natar Nasution mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Riau untuk bersama-sama meramaikan tablig akbar tersebut.

Sebab kata dia, apa yang terjadi saat ini bukan hanya sekedar peperangan. Banyaknya korban jiwa dalam peperangan ini, maka pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli dengan sesama atas nama kemanusiaan.

"Jadi ini bukan semata-mata peperangan saja, tapi ini lebih kepada sisi kemanusiaan, bagaimana kepedulian dengan sesama manusia, apalagi kita sesama muslim," katanya, Kamis (9/11/2023).

Pihaknya berharap semua pihak, berjalan dengan aman dan lancar dan terkumpul sumbangan yang banyak.

"Jaga keamanan dan ketertiban, apa yang menjadi keinginan kita bersama berjalan denhan baik," ujarnya.

Edi menjelaskan, tablig akbar sekaligus penggalangan dana untuk Palestina tersebut akan dihadiri langsung oleh Ustad Abdul Somad (UAS). Tablig akbar digagas Pemprov Riau bersama Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau. 

"Kita mengimbau dan mengajak ASN dan masyarakat Riau menghadiri tablig akbar dari Bumi Melayu untuk Palestina bersama Ustad Abdul Somad, di halaman Masjid Raya Annur Riau," katanya. 

Edy Nasution mengatakan, dengan masyarakat dapat meramaikan tablig akbar tersebut, maka hal itu sebagai bukti bahwa Bumi Lancang Kuning cinta dan peduli kepada Palestina. 

"Insya Allah tablig akbar akan digelar hari Jumat tanggal 10 November 2023. Tablig akbar nanti akan diawali salat Maghrib,  Dzikir dan salat Isya berjemaah," sebutnya. 

Plt Gubri menyatakan, jika tablig akbar ini terbuka untuk umum. Untuk itu, ia kembali mengajak ajak seluruh masyarakat Riau agar meramaikan tablig akbar bersama ustad kondangan asal Provinsi Riau itu. 

"Saat tablig akbar, kita berharap masyarakat dapat menyiapkan infak yang terbaik sebagai wujud cinta kita kepada Allah, dan peduli kepada sesama. Kemudian kita tetap jaga ketertiban dan keamanan, semoga kita dalam lindungan Allah SWT," ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto usai memimpin rapat persiapan tablig akbar penggalangan dana untuk Palestina di Ruang Kenanga, Kantor Gubernur Riau, Kamis (2/10/2023) lalu menyampaikan, selain penggalangan dana, dalam tablig akbar tersebut Pemprov Riau juga akan menyerahkan bantuan dana untuk Palestina yang sumbernya dari pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Riau.

"Saya sudah kirim undangan ke seluruh ASN agar menyumbang seikhlasnya untuk bantuan Palestina. Bantuan ini nanti akan kita serahkan pada saat Tablig Akbar bersama UAS," ujarnya.

SF menegaskan, sumbangan yang terkumpul lewat tabligh Akbar bersama UAS ini nantinya akan diberikan kepada warga Palestina yang menjadi korban peperangan oleh Israel. Khususnya para anak-anak yang juga menjadi korban dari seragam Israel.

"Untuk teknis penyalurannya, nanti Baznas dan Yayasan Tabung Wakaf Wakaf Umat. Ini penting agar semua bantuan bisa dipertanggungjawabkan dan disalurkan tetap sasaran," katanya

Seperti diketahui, lebih dari 4.000 anak Palestina tewas, setelah nyaris satu bulan pasukan Israel melakukan agresi dan menggempur wilayah di Jalur Gaza.

Menurut data Kementerian Kesehatan Palestina, ada 4.008 anak yang tewas, sementara total keseluruhan korban perang ini telah mencapai 9.770 jiwa. (***)

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index