Dishub Pekanbaru Dapat Hibah Ratusan PJU Tenaga Surya dari Kementrian ESDM

Dishub Pekanbaru Dapat Hibah Ratusan PJU Tenaga Surya dari Kementrian ESDM
Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso.

PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mendapat hiburan ratusan titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan Tenaga Surya (TS). Ada 300 unit PJU TS yang bakal difungsikan di sejumlah wilayah kota.

"Ini merupakan PJU TS hibah yang kita terima pada tahun ini," terang Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso.

Pemerintah kota melalui dinas perhubungan menerima hibah PJU TS dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Ia menyebut proses penyerahan berlangsung di Gading Serpong pada 8 November 2023 lalu.

Yuliarso menyebut ada 300 unit PJU TS yang menjadi hibah bagi pemerintah kota. Total nilai PJU TS itu mencapai Rp 265 miliar.

Dirinya menyadari bahwa banyak tantangan untuk membenahi layanan publik bagi masyarakat. Namun pihaknya terus berupaya untuk berinovasi agar layanan PJU khususnya bisa meningkat.

Apalagi selama ini banyak yang masih berupa PJU konvensional. Namun secara bertahap PJU di Kota Pekanbaru bakal diganti dengan PJU dengan teknologi terkini.

Dirinya tidak menampik sejumlah lampu PJU di jalan lingkungan mulai padam. Kondisi ini terjadi karena lampu tersebut sudah habis masa pakai.

Lampu-lampu tersebut terkahir kali diganti pada tahun 2019 silam. Kebanyakan lampu yang sudah tidak menyala merupakan Lampu Hemat Energi (LHE).

"Jadi LHE ini punya masa pakai terbatas, ketika tahun 2019 kita ganti, tentu saat ini sudah banyak yang tidak menyala lagi," terangnya.

Ada sekitar 19.000 titik lampu PJU merupakan LHE. Sedangkan total lampu PJU di Kota Pekanbaru mencapai 37.000 titik.

Pihaknya sudah mengajukan penggantian lampu PJU pada tahun 2022 lalu. Pengajuan ini mempertimbangkan banyaknya LHE yang mulai padam pada tahun 2023.

Namun jumlah LHE yang tersedia tidak mencukupi. Kondisi ini karena anggaran yang terbatas. (***)

#Daerah

Index

Berita Lainnya

Index