Puluhan Peserta di Bengkalis Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Puluhan Peserta di Bengkalis Ikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

BENGKALIS, SERAMBIRIAU.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif 2019. 

Diikuti sekitar seratusan peserta, terdiri dari perwakilan pelajar sekolah menengah atas (SMA) sederajat, mahasiswa, paguyuban serta organisasi kemasyarakatan (Ormas) , kegiatan ini resmi dibuka Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin, diwakili Kordiv.

Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu, Usman di salah satu hotel di Bengkalis, Selasa (26/3/19).  Kesempatan ini, Kordiv. Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu, Usman mengatakan, pengawasan Pemilu partisipatif merupakan upaya untuk menciptakan peran serta dari berbagai kalangan yang ada di masyarakat, pelajar, mahasiswa, paguyuban serta organisasi kemasyarakatan berperan aktif dan turut andil melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu April 2019 mendatang. 

Selain itu, secara kelembagaan disebutkan Usman, Bawaslu memiliki keterbatasan personel dalam pengawasannya di lapangan.

Oleh karena itu, Bawaslu akan merangkul seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama atau turut serta dalam kegiatan pengawasan Pemilu. 

"Sehingga kami mengajak seluruh lapiran masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan pengawasan Pemilu. Pemilihan hanya hitungan hari lagi, seluruh komponen harus ikut peduli terhadap proses Pemilu.

Diharapkan seluruh pihak juga aktif melakukan pengawasan pada proses tahapan Pemilu mulai dari kampanye, seperti beredarnya kampanye hitam, penyebaran berita hoax, ataupun politik uang," ungkapnya. 

Adapun bertindak sebagai narasumber Beni Syahputra, Kordiv. Organisasi dan SDM, Usman merupakan Kordiv. Pengawasan Humas dan Hubal, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis. 

Sedangkan materi dalam sosialisasi Pemilu partisipatif tersebut diantaranya adalah peran mahasiswa dan pelajar dalam Pemilu, kemudian tentang pengawasan Pemilu. Selain pengamalan juga dilakukan dialog interaktif antara peserta dengan narasumber. 

Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut Kordiv. Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Bengkalis, M. Harry Rubianto. (Riauterkini)

Berita Lainnya

Index