Bangun Sinergisitas, Pengurus AMKR Silaturahmi dengan Gubernur Riau

Bangun Sinergisitas, Pengurus AMKR Silaturahmi dengan Gubernur Riau
Bangun Sinergitas, AMKR Silaturahmi dengan Gubernur Riau

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Pengurus Aliansi Mahasiswa Kesehatan Riau (AMKR) berkunjung ke Kantor Gubernur Riau, Senin 30 Desember 2019. Kunjungan pengurus AMKR ke Kantor Gubernur Riau ini dalam rangka untuk bersilaturahmi dengan Gubernur Riau (Gubri) Drs.H.Syamsuar,M.Si.

Silaturahmi pengurus AMKR dengan orang nomor satu di provinsi Riau ini berlangsung santai dan hangat. Selama pertemuan berlangsung, pengurus AMKR sempat berdiskusi dengan Gubri Syamsuar. 

Silaturahmi ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan sinergitas antar mahasiswa kesehatan se Provinsi Riau dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Gubri Syamsyar mengapresiasi kegiatan silaturahmi ini. Mantan bupati Siak dua priode ini berharapan agar problematika kesehatan yang banyak terjadi di provinsi Riau dapat teratasi. 

Selain itu Syamsuar juga berharap mahasiswa sebagai agen perubahan dapat mengambil peran dalam hal pencegahan terkait permasalahan yang ada.

Banyak masyarakat yang baru sadar kalau mereka sudah terdampak penyakit. Sementara dalam hal pencegahan (preventif) kesadarannya masih minim. Cara berfikir seperti ini yang perlahan-lahan harus kita ubah. Karena pencegahan itu lebih penting dari pengobatan.

"Kami sangat mendukung penuh seluruh kegiatan mahasiswa terutama mahasiswa kesehatan ini dalam hal mengambil sikap dalam meningkatkan kesehatan masyarakat kita," kata Syamsuar.

Ia berharap mahasiswa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit. Sehingga tidak lagi ada masyarakat yang menyesal apabila sudah terdampak penyakit yang timbul akibat pola hidup yang buruk.

"Saya juga berharap adik adik mahasiswa juga dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait permasalahan sampah yang ada di masyarakat kita," ucapnya.

Sebab kata Syamsuar, selain mengganggu keindahan lingkungan, sampah juga dapat menyebabkan beberapa penyakit yang akan terjangkit kemasyarakat itu sendiri.

Sementara Koordinator pusat AMKR, Sandika Syaputra dari STIFAR Riau, mengatakan bahwa setiap mahasiswa kesehatan tentu akan melaksanakan pengabdian ke masyarakat langsung dan mahasiswa tentu paham bagaimana kondisi pelayanan kesehatan di masyarakat.

Kemudian dari seluruh hasil kajian ini akan diwadahi oleh pengurus AMKR untuk disalurkan ke instansi terkait terutama Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk sama sama bahu membahu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bersama dengan mahasiswa.

“Disini peran mahasiswa ialah melaksanakan preventif atau pencegahan terkait beberapa probelamatika kesehatan dan sesuai harapan dari Kemenkes bahwa dalam hal ini harus melibatkan seluruh pihak dalam hal pencegahan beberapa penyakit," ujarnya.

Di Riau sendiri menurut Kemenkes angka penyakit akut sangat meningkat drastis yaitu diabetes, jantuk iskemik dan stroke.  Hal ini menunjukkan adanya pola hidup masyarakat terutama diprovinsi riau yang sangat buruk. Kemudian yang sangat riskan lagi di provinsi Riau juga terdampak masalah kesehatan yaitu stunting (kerdil).

Kurangnya pencegahan oleh ibu yang sedang hamil yang tidak memperhatikan beberapa asupan Nutrisi seperti lemak, karbohidrat dan protein menjadi salah satu penyebab stunting.

"AMKR hadir untuk dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan edukasi kepda masyarakat untuk dapat memperbaiki pola hidup sehat dengan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan," katanya.

AMKR mendukung penuh seluruh Kegiatan pemerintah Provinsi Riau terutama Dinas Kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan di Provinsi Riau dan siap untuk berkontribusi dan bersinergi untuk dapat membangun Riau sehat dan Riau bebas dari penyakit berbahaya.

Terkait problematika kesehatan yang ada di Provinsi Riau berikut beberapa target AMKR yang akan segera di tindaklanjuti. Diantaranya, bahaya rokok, problematika kesehatan ditinjau dari berbagai bidang kesehatan serta solusi yang ada.

Kemudian upaya preventif baik untuk pelajar maupun masyarakat yang ada di Provinsi Riau. Selanjutnya kegiatan bakti sosial dalam musibah yang ada di provinsi Riau.

Kemudian kegiatan promotif kesehatan Workshop terkait kesehatan serta gerakan peduli kebersiahan lingkungan.

"Semoga Aliansi Mahasiswa Kesehatan Riau ini dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terutama yang ada diprovinsi Riau," harap Sandika (Sug/Src)

Berita Lainnya

Index