4 Buah dan Sayuran Ungu Ini Bantu Tingkatkan Imunitas

4 Buah dan Sayuran Ungu Ini Bantu Tingkatkan Imunitas
ilustrasi

Jakarta - Vitamin C jadi salah satu nutrisi yang populer untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas di masa pandemi.  Namun, ada berbagai nutrisi lain yang berperan besar dalam meningkatkan kekebalan kita, termasuk antosianin.  

Antosianin merupakan antioksidan yang memberi warna merah atau ungu pada buah atau sayuran. Senyawa ini sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan kita agar tubuh tetap sehat. 

 Makanan yang mengandung antosianin disebut makanan super karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. 

 Berikut adalah daftar empat buah dan sayuran ungu untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti dilansir dari Times of India, Selasa, 25 Agustus 2020. 

  1. Plum Sedikit asam, plum mengandung vitamin C. Selain itu, buah ini juga memberi tambahan antioksidan dan vitamin A. Tidak hanya kekebalan, buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan secara umum.  

2. Buah naga  Selain vitamin C, buah naga kaya akan banyak nutrisi lain penguat kekebalan tubuh. Rendah kalori, tinggi serat dan magnesium, buah naga juga merupakan pilihan yang bagus untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan.

  

3. Kol ungu  Selain antioksidan, kol ungu kaya serat dan magnesium. Anda bisa memasukkan sayuran cantik ini ke dalam salad, sandwich, dan makanan lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  

4. Buah bit  Warna ungu bit berasal dari bahan kimia tumbuhan yang disebut betalains. Sama seperti antosianin, betalain memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Bit kaya akan folat, zat besi, kalium, dan mangan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 menemukan bahwa mengonsumsi jus bit dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.  Meski buah dan sayuran ungu baik untuk imunitas, jangan lupa bahwa moderasi adalah kuncinya. Pastikan untuk memasukkan buah. (***)

Berita Lainnya

Index