Sudah Ada Sejak Tahun 2011, Mahasiswa Umri Diimbau Manfaatkan PHBD ditahun ini

Sudah Ada Sejak Tahun 2011, Mahasiswa Umri Diimbau Manfaatkan PHBD ditahun ini

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Pelaksanaan Sosialaisasi Program Hibah Bina Desa (PHBD) yang dilaksanakan di gedung rektorat ruang G.R 6.05 dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan dekan fakultas se lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Jum’at (15/3/2019)

Pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada mahasiswa yang akan mengikuti pembuatan proposal perogram bina desa yang nantinya akan diajukan kepada kemenristekdikti.

Selain untuk mendapatkan dana hibah desa , juga bertujuan agar mahasiswa yang mengikuti PHBD ini dapat menambah pengalaman bagi mahasiswa Umri.

Keikutsertaan Umri dalam program PHBD ini bukan pertama kali dilakukan, tetapi sudah menjadi agenda tahunan. Kegiatan ini sudah diikuti sejak tahun 2015 sampai 2019. Program PHBD didanai oleh Kemenristekdikti. Prestasi terbesar ditahun 2015 proposal dari program studi biologi yang sudah didanai oleh kemenristekdikti sebanyak Rp 40 juta, juga dari program studi biologi ditahun 2017 proposal pernah sampai tahap ke tiga.

Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan Umri,  Israwati Harahap M.Si,  Jumat (15/3/2019), berharap PHBD tahun 2019 ini semakin banyak lagi organisasi-organisasi mahasiswa yang bisa mengupload proposal-proposal ke PHBD dan sampai didanai oleh Kemenristekdikti.

“Harapan kita bersama tentang adanya PHBD 2019 ini semakin banyak lagi organisasi-organisasi mahasiswa yang bisa mengupload proposal dan sampai didanai oleh kemenristekdikti. Tentu hal positifnya sangat dirasakan manfaatnya bagi desa yang nantinya akan kita bina” kata Isra

Sementara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  UMRI, Ridhan Fauzi, ST., MT mengungkapkan, peran pengajar atau dosen juga memberikan dampak yang positif untuk mahasiswa yang akan berpartisipasi dalam PHBD ini, dalam pembuatan proposal mahasiswa juga perlu bimbingan dari pihak lain.

“Peran dosen juga sangat mempengaruhi semangat mahasiswa untuk hal ini. Begitu juga sebaliknya mahasiswa juga perlu mendengarkan bimbingan dari dosen. Tipe-tipe mahasiswa ini beda-beda kadang ada yang semangat ada pula yang perlu arahan kita” kata Ridhan.

Optimisme yang ingin ditunjukan oleh Umri dalam keikutsertaan phbd tahun 2019 ini juga menambah semangat para mahasiswa yang hadir di dalam ruangan tersebut. Setelah acara foto bersama, seluruh hadirin juga meneriakan yel-yel “PHBD 2019 LOLOS!” sebagai semangat bersama-sama. (Rahman)

Berita Lainnya

Index