Mahasiswa UIN Suska Riau Sukses Bagikan 10.000 Bibit Pohon

Mahasiswa UIN Suska Riau Sukses Bagikan 10.000 Bibit Pohon
Mahasiswa UIN Suska Riau Sukses Bagikan 10.000 Bibit Pohon

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Suska Riau di Kecamatan Bantan sukses membagikan 10.000 bibit pohon. Penyerahan ini dibuka langsung oleh Camat Kecamatan Bantan di gedung Aula, Rabu (21/08/2019).

Acara ini juga dihadiri enam Kepala Desa diantaranya Kepala Desa Resam Lapis, Desa Selat Baru, Desa Berancah, Desa Mentayan, Desa Bantan Tengah, dan Desa Ulu Pulau. Kehadiran keenam Kepala Desa ini bertujuan sebagai perwakilan setiap desa saat penyerahan yang dilakukan oleh Camat Bantan.

Keenam desa tersebut merupakan desa tempat mahasiswa UIN Suska Riau melakukan kegiatan KKN. 

Drs. Supandi selaku Camat Kecamatan Bantan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa UIN Suska yang sudah memfasilitasi bibit pohon di Kecamatan Bantan.

"Terimakasih kepada mahasiswa UIN yang mau memfasilitasi bibit pohon di Kecamatan Bantan, yang mana saya berharap bibit ini dapat dirawat dan dibagikan kemasyarakat desa yang sudah ditentukan," katanya.

Ia juga menghimbau kepala desa untuk tidak langsung menanam bibit pohon, mengingat saat ini  Kabupaten Bengkalis masih dalam musim kemarau.

Bibit pohon ini didapat dari Dinas Lingkungan Hidup dan  Kehutanan Provinsi Riau dan juga Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Indra Giri Rokan. Proposal permohonan yang diajukan ke Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan mendapat 4.000 bibit pohon sementara proposal permohonan bibit yang diajukan ke BPDAS mendapat 6.000 bibit pohon.

"Kita mengajukan permohonan proposal bibit pohon ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau dan juga ke BPDAS Indra Giri Rokan yang ada di Pekanbaru. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan kita mendapat 4.000 sementara dari BPDAS mendapat 6.000, pohonnya juga ada enam macam, pohon mahoni, trembesi, sirsak, pulai, nangka dan durian," ungkap Gerry selaku Koordinator UIN Suska Riau, Kecamatan Bantan saat ditemui di gedung aula kantor Camat.

Gerry juga menambahkan masing-masing desa akan mendapat bagian sebanyak 1.600 bibit pohon. Selanjutnya pihak desa yang akan menentukan mekanisme pembagian kemasyarakat.

Masing-masing Kepala Desa juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa UIN, karena kegiatan ini dampaknya besar, salah satunya sebagai penghijauan terutama di Kecamatan Bantan.

"Tentu saya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa UIN Suska, ini merupakan upaya yang sangat bagus sekali memfasilitasi penanaman pohon untuk masyarakat. Saya juga berharap nantinya masyarakat dapat menjaga dan merawat pohon ini dengan baik", ujar Junaidi ST, Kepala Desa Resam Lapis saat diwawancarai di halaman Kantor Camat Bantan. (Src/Qin) 

Berita Lainnya

Index