Opini

Mengwujudkan Karir di Masa Depan

Mengwujudkan Karir di Masa Depan
Yolanda Dewantari & Mhd. Subhan, S.Pd, M.Ed. Chat

PERKEMBANGAN Teknologi dan Ilmu Pengatahuan sangat masif terjadi seiring dengan berjalannya waktu dan kondisi pada zaman Milenial, potensi Negara berkembang dengan industri 4.0 berpengaruh besar terhadap individu setiap manusia untuk melakukan perubahan – perubahan secara Psikologis dan keadaan social. 

Dalam mempersiapkan kemajuan yang pesat, individu setiap manusia terdorong dalam merencankan karir jangka panjang yang sesuai dengan perkembangan zaman Negara dan Dunia.

Menurut Healy karir dapat terjadi pada sepanjang seseorang yang mencakup sebelum bekerja (Preoccupational), selama bekerja (Occupational), dan akhir atau seusai bekerja (Posticcupational).

Manusia kadangkala harus dapat berpacu untuk mengejar ketertinggalan pola perubahan zaman dengan merencanakan karir untuk kedepan. Karir hakekatnya merupakan masalah kompleks yang menyangkut berbagai aspek kehidupan, baik aspek perkembangan, kepribadian, social, budaya, ekonomi maupun belajar. 

Karir sering diidentifikasi dengan sebuah pekerjaan, tetapi memiliki makna yang luas dari pada pekerjaan. Perkembangan karir sendiri memerlukan proses yang sangat panjang, karir dapat dicapai melalui pekerjaan, tetapi pekerjaan tidak selamanya dapat menunjang pencapaian karir.

Berbicara tentang karir tidak lepas dari perencanaan dan faktor – faktor yang penghambat karir, hal yang besar dalam perencanaan karir adalah proses yang besar. Proses menyadari diri sendiri terhadap peluang, kesempatan, pilihan dan konsekuensi. 

Faktor – faktor penghambat karir yang sering terjadi ialah tidak mampu mengatur prioritas, menunda pekerjaan, takut mengambil resiko, networking terlalu lemah.

Perencanaan karir harus mengembangkan dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan serta pengalaman, menyelaraskan kemampuan diri terhadap perkembangan teknologi dan perkembangan regulasi dalam Dunia kerja membantu mengwujudkan karir di masa depan.

Karir artinya jenjang, jenjang dari perkembangan dan kemajuan, mempersiapkan karir di masa sekarang sangat penting untuk memiliki lajunya perubahan zaman. 

Penulis : Yolanda Dewantari & Mhd. Subhan, S.Pd, M.Ed. Chat

Berita Lainnya

Index