Siapkan Ketahanan Pangan Selama Pandemi Covid-19, Gubri Minta Kabupetan Kota Manfaatkan Lahan Kosong

Siapkan Ketahanan Pangan Selama Pandemi Covid-19, Gubri Minta Kabupetan Kota Manfaatkan Lahan Kosong
Gubri Syamsuar dan Wagubri Edi Natar Nasution saat meninjau lahan perkebunan sayur di Pekanbaru

Gubri Minta Kepala Daerah Manfaatkan Lahan Kosong untuk Tanaman Pangan 

 

PEKANBARU - Gubernur Riau memint kepada Bupati dan Walikota untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada diwilayahnya masing-masing untuk ditanam tanaman pangan. Langkah tersebut dilakukan untuk antisipasi ketahanan pangan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia termasuk Provinsi Riau. 

"Saya minta bupati/walikota se-Riau dapat memanfaatkan lahan yang terlantar agar digunakan untuk ditanam tanaman pangan. Baik itu tanaman padi, jagung, termasuk tanaman singkong," kata Syamsuar, Jumat (24/4/2020). 

Karena itu, Gubri berharap Dinas Pertanian Riau untuk bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dalam memanfaatkan lahan kosong di daerah. 

"Kita sudah tanya kesiapan, bibit jagung dan padi sudah disiapkan. Termasuk juga kesiapan sagu sebagai bahan pangan," katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana menambahkan, perusahaan perkebunan di Riau juga diharapkan untuk melakukan antisipasi ketahanan pangan dengan memanfaatkan tanam sela di lahan perkenunan. 

"Jadi perusahaan juga bisa tanam jagung dan lainnya di sela-sela tanaman sawit. Begitu juga masyarakat yang sawitnya direplanting untuk memanfaatkan tanaman sela," katanya. (Adv)

#Akademika

Index

Berita Lainnya

Index