Catatan Sejarah 3 Mei

Wafatnya Sultan Muhammad Al-Fatih, Sang Penakluk Konstantinopel

Wafatnya Sultan Muhammad Al-Fatih, Sang Penakluk Konstantinopel
Muhammad Al Fatih (int)

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM – Pada zamannya, Konstatinopel merupakan kota yang sangat kuat dan termasyhur. Bahkan, Napoleon sang penakluk Eropa pernah berkata bahwa jika dunia adalah sebuah negara, maka Konstatinopel adalah ibukotanya.

Sejak didirikan oleh Kekaisaran Byzantium (Romawi Timur), Konstatinopel telah menjadi simbol kejayaan. Kota ini juga digambarkan sangat indah dan makmur.

Sebagai ibukota Byzantium, Konstatinopel juga merupakan benteng yang sangat kuat. Kota ini dikelilingi tiga lautan, yaitu Selat Bosphorus, Laut Marmara, dan Selat Tanduk Emas. Di selat Tanduk Emas, terpasang rantai yang amat besar.

Dikelilingi benteng kokoh nan kuat, laut dalam, serta rantai besar, membuat Konstatinopel sangat sulit untuk ditaklukkan.

Namun, kota yang seperti mustahil untuk ditakkukkan ini jatuh pada tanggal 29 Mei 1453 ke tangan pasukan muslim Turki Ustmani. Pemimpinnya adalah Sultan Mehmet II, atau lebih dikenal sebagai Sultan Muhammad Al-Fatih.

Setelah melakukan serangan dan pengepungan sejak 6 April 1453, persiapan serangan terakhir dimulai pada tanggal 26 Mei, yang berlanjut keesokan harinya. Kemudian, pada tengah malam tanggal 29 Mei, serangan besar-besaran pasukan Ustmani dimulai.

Pasukan yang menyerang dinding Blachernai yang sudah tua mampu terlebih dahulu mendobrak pertahanan Konstatinopel. Di beberapa titik lain, pasukan Ustmani juga berhasil masuk dan dengan segera menyebar ke seluruh kota.

Kaisar Konstatinopel, Konstatinus disebutkan ikut bertempur dengan pasukannya, dan kemudian tewas. Dalam riwayat lain, Konstatinus disebutkan mati bunuh diri dengan cara gantung diri.

Setelah menaklukkan Konstatinopel, Al-Fatih kemudian mengubah namanya menjadi Islambul yang berarti kota Islam. Lama-lama, pelafalannya berubah menjadi Instanbul. Al-Fatih juga menjadikan Instanbul sebagai ibukota negaranya.

Sampai akhir hayatnya, Sultan Al-Fatih masih terus berusaha memperluas pengaruh Islam. Pada 3 Mei 1481, Al-Fatih meninggal dunia. (bpc)

#Viral

Index

Berita Lainnya

Index