Penerapan Etika Bisnis Dalam Perkembangan E-Commerce

Penerapan Etika Bisnis Dalam Perkembangan E-Commerce
Ilustrasi

Di zaman teknologi sekarang ini perkembangan penggunaan E-commerce sangat terlihat jelas. Dimana banyak masyarakat yang menggunakan transaksi jual beli secara E-commerce dalam media teknologi. 

Kita perlu mengetahui apa itu E-commerce, E-commerce sendiri adalah satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. 

Dimana dalam perkembangannya pada tahun 1790-an E-commerce dikenal dengan istilah perdagangan elektronik. E-commerce sendiri pertama dibuat oleh negara Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa pada tahun 1998.  Hingga sekarang perkembangan E-commerce semakin pesat dengan maraknya bisnis online yang sudah menerapkan  penggunaan e-commerce (aplikasi online) sebagai penunjang bisnis baik dalam usaha kecil, menengah bahkan besar sekalipun.. 

Namun dalam pelaksanaan E-commerce terlihat banyak yang kurang menerapkan etika bisnis  dalam menjalankan usaha baik offline maupun online.  Etika bisnis yang merupakan dasar kegiatan bisnis yg sangat berpengaruh dalam melakukan usaha bertujuan menghindari penyimpanan yang tidak diinginkan. 

Perkembangan e-commerce harus diseimbangkan dengan etika bisnis supaya bisnis yg dijalankan berjalan dengan lancar  sesuai rencana. 

Dimana etika bisnis berperan penting dalam loyalitas kita sebagai produsen ke konsumen dan sebaliknya.

Dalam bisnis keuntungan perlu,  tetapi perlu juga mengedepankan komitmen moral, pelayanan, mutu, dan tanggung jawab sosial. 

Mengedepankan tindakan beretika dalam berbisnis dapat dikatakan merupakan strategi bisnis jangka panjang yang terbaik.  Prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh dalam menjalankan bisnis beretika adalah:

1. kejujuran

2. integritas moral

3. kesetiaan

4. otonomi

5. keadilan

Contoh perkembangan e-commerce yang sangat pesat yaitu Shopee,  aplikasi berbelanja online no.1 di Indonesia sangat cepat menarik perhatian masyarakat Indonesia. Dimana dalam menjalankan bisnis, Shoppee menerapkan etika bisnis yang tinggi serta memberikan pelayanan yang bagus dimulai dari sistem belanja yang simple,  ketelitian dalam packing dan kirim barang, retur, refund, fast respon kepada konsumen hingga banyaknya promosi yang diberikan menjadi ke unggulan Shopee sendiri  dibandingkan dengan aplikasi E-commerce lainnya.

Penerapan etika bisnis dalam perkembangan E-commerce di Indonesia dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan loyalitas yang berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan. Pemerintah Republik Indonesia sangat mendukung untuk pengembangan usaha  E-Commerce dengan mengeluarkan seperangkat peraturan Perundang- Undangan. E-commerce meningkatkan kesejahteraan dan akan menopang pertumbuhan  industri digital dan pertumbuhan ekonomi nasional. 

Nama penulis: Lidia Sihotang, Joana Sarah F

Universitas Muhammadiyah Riau

Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Berita Lainnya

Index