Penerapan Akuntansi Perilaku Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penerapan Akuntansi Perilaku Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Secara umum akuntansi adalah sistem informasi yang memberikan laporan kepada pihak pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi. Akuntansi bisa juga diartikan sebagai suatu proses mencatat dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan sehingga bisa digunakan oleh semua orang untuk pengambilan keputusan serta tujuan.

Penerapan akuntansi sangat penting dan bagus dalam kegiatan perekonomian. Dalam kegiatan sehari hari banyak ditemukan kegiatan kegiatan yang menunjukan kegiatan akuntansi , tetapi kita tidak menyadari dan tidak memaksimalkan kegiatan yang menyangkut akuntansi tersebut dengan maksimal. Kegiatan akuntansi ini mungkin jika diterapkan dengan baik dengan diri kita untuk kegiatan sehari hari akan sangat membantu pada diri kita. 

Penerapan akuntansi dalam kegiatan sehari hari sebaiknya kita terapkan terus menerus agar supaya dapat membantu kita mengolah segala kegiatan agar kegiatan terstruktur dan tersistem seperti dalam sistem informasi akuntansi , ini akan sangat membantu kita dan memudahkan kita dalam kegiatan.

Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, banyak masyarakat yang menerapkan fungsi akuntansi. Hal ini terwujud dalam bentuk pencatatan-pencatatan yang dilakukan dengan maksud untuk mengetahui dan mengendalikan keuangannya. 

Karena fungsi dari penerapan akuntansi adalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, terutama entitas usaha yang dipandang bermanfaat dalam mengambil keputusan ekonomi dalam menerapkan pilihan yang tepat diantara berbagai alternatif tindakan Dalam kehidupan seseorang, bisa kita katakan akuntansi akan mempromosikan gaya hidup yang lebih baik. 

Pengelolaan dan pengendalian keuangan pribadi adalah subjek besar yang sangat penting bagi kita. Dalam kehidupan kita selama ini, hampir tidak ada satu orang pun yang hidup tanpa utang tunggal dalam hidup mereka. Hutang mulai dari kartu kredit, cicilan mobil, hipotek, dan sebagainya, seseorang dapat menemukan diri mereka terjebak dalam kesulitan ekonomi yang dalam beberapa kasus menghancurkan hidup mereka.

wawancara yang saya lakukan beberapa teman mahasiswa saya semester yang diwawancarai yaitu berjumlah 3 orang yang terdapat dari mahasiswa yang bertempat tinggal di kos,rumah orang tua. Wawancara saya lakukan  selama 1 hari yaitu dimulai pada tanggal 23 januari 2022 sampai  pada tanggal 24 januari 2022.

Kendala yang saya alami dalam penelitian ialah  sulitnya untuk menemukan mahasiswa yang sesuai dengan kriteria yang telah peneliti tetapkan yaitu  mahasiswa Akuntansi yang berasal dari daerah dan bertempat tinggal di kos. Hasil wawancara yang  saya lakukan penelitian  pada teman  mahasiswa saya akuntansi angkatan 2019 Umri, perilaku mahasiswa berkaitan dengan pemahaman pengetahuan, sikap dan tindakan. Dari jumlah 3 orang mahasiswa yang saya  wawancara, mahasiswa yang memiliki pemahaman pengetahuan akuntansi dikehidupan sehari-hari mengenai pembuatan perencanaan penerimaan keuangan berjumlah 1 orang sedangkan mahasiswa yang tidak memiliki pengetahuan pembuatan perencanaan penerimaan keuangan 2 orang.

Hasil wawancara secara umum menunjukkan bahwa pengetahuan mahasiswa dan siswa  akuntansi dalam menerapkan pengetahuan akuntansi dikehidupan sehari-hari dapat dilihat dari keinginan mahasiswa itu sendiri melalui pemahaman mahasiswa tersebut dan keinginan untuk mengetahui ilmu tentang penerapan akuntansi dikehidupan sehari-hari. 

Selain itu mahasiswa dan siswa berkeinginan dalam membuat rencana penerimaan keuangan maupun membuat rencana pengeluaran keuangan yang dilakukan dengan cara mencatat peenerimaan dan pengeluaran yang akan diterima maupun yang akan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Dan juga, sikap mahasiswa yang berkeinginan mengetahui langkah yang benar baik itu dalam mencatat penerimaan keuangan maupun pengeluaran keuangan yang dilakukan mahasiswa dengan cara mencari literatur terkait seperti buku dan internet.

Adapun saran dari penulis ialah mahasiswa dan siswa  yang belum memahami pengetahuan akuntansi, sebaiknya untuk lebih mendalami pengetahuan akuntansi yang dapat berguna untuk di kehidupan sehari-hari.

Dan bagi mahasiswa dan siswa yang belum memiliki sikap untuk melakukan pencatatan akuntansi dikehidupan sehari-hari, sebaiknya mulai menerapkannya untuk membantu sejauh mana pengetahuan yang dikuasai dalam memahami pencatatan akuntansi.

Penulis : William Faranuari, Universitas Muhammadiyah Riau

Berita Lainnya

Index