Cegah Bullying, NERS Muda UNRI Adakan Pengabdian Masyarakat di MDA Nurul Jannah

Cegah Bullying, NERS Muda UNRI Adakan Pengabdian Masyarakat di MDA Nurul Jannah
NERS Muda UNRI Adakan Pengabdian Masyarakat di MDA Nurul Jannah

PEKANBARU - Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang berkuasa terhadap orang lain yang dianggap lebih lemah. Tindakan bullying ini tidak hanya berupa kekerasan secara fisik pada korban, seperti memukul, menendang, dan menjambak.

Bullying juga dapat berupa tindakan tanpa melakukan kekerasan fisik atau secara verbal seperti mengejek, memanggil seseorang dengan sebutan yang tidak sewajarnya dan bahkan cenderung tidak sopan. 

Dampak bullying tidak bisa dianggap remeh. Sebab, bullying bisa menganggu kesehatan mental anak. 

Mereka yang menjadi korban bullying akan merasa tidak percaya diri, rendah diri, stress, dan celaka. Bahkan hal ini mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Anak yang menjadi korban bullying bisa kehilangan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Dalam rangka mengurangi adanya kasus bullying di tingkat Madrasah Ibtidiyah, Ners Muda Fakultas Keperawatan Universitas Riau tahun 2022 Rabu, (23 November 2022) melakukan sosialisasi bullying di MDA Nurul Jannah sebagai bentuk pengabdian masyarakat ners muda bersama dosen pembimbing profesi di daerah binaan Kelurahan Sri Meranti. 

Kegiatan ini berupa pemberian materi tentang sosialisasi pencegahan bullying oleh Ners Muda dan dosen pembimbing yaitu  oleh Ns. Fathra Annis Nauli, M.Kep., Sp.Kep.J dan Ns. Tesha Hestyana Sari, M.Kep.,Sp.Kep.J. kegiatan ini dihadiri oleh 35 siswa MDA Nurul Jannah, Guru MDA Nurul Jannah, dan dosen pembimbing Ners Muda Fakultas Keperawatan Universitas Riau. 

Melalui sosialisasi pencegahan bullying ini, Ners Muda berusaha untuk berpartisipasi dalam mencegah terjadinya bullying di MDA Nurul Jannah. 

Dalam kegiatan ini dilakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui seberapa paham siswa siswi MDA Nurul Jannah tentang bullying. Setelah dilakukannya sosialisasi terkait pencegahan bullying didapatkan adanya peningkatan pengetahuan siswa siswi yang sebelumnya sebanyak 60% meningkat menjadi 90%.

Rostini selaku salah satu guru MDA Nurul Jannah mengatakan bahwa, “Sosialisasi yang dilakukan oleh Ners Muda ini patut diapresiasi dikarenakan meningkatkan pengetahuan anak-anak kami mengenai bullying. Kami sangat berterima kasih kepada Ners Muda yang telah menyelenggarakan kegiatan positif ini sehingga anak-anak kami mulai bisa saling menghargai satu sama lain.” (Man)

Berita Lainnya

Index