Masjid Al-Anshor Gelar Silaturrahim dan Capacity Building Pengurus Masjid dan Mushollah

Masjid Al-Anshor Gelar Silaturrahim dan Capacity Building Pengurus Masjid dan Mushollah
Pengurus Masjid Al-Anshor Pekanbaru menggelar silaturahim dan juga Capacity Building Pengurus Masjid dan Mushollah untuk pengurus masjid dan mushollah, Ahad (12/2/2023)

PEKANBARU - Bertujuan memaksimalkan peran masjid di tengah-tengah masyarakat, Pengurus Masjid Al-Anshor Pekanbaru menggelar silaturahim dan juga Capacity Building Pengurus Masjid dan Mushollah untuk pengurus masjid dan mushollah, Ahad (12/2/2023) di Masjid Al-Anshor, Jl. Eka Tunggal Perumahan Nusa Indah, RW. 21, Kelurahan Sialang Munggu. 

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh ketua dan pengurus dari 10 masjid dan mushollah yang ada di sekitar masjid Al-anshor ini hadir sebagai pembicara adalah Ustadz Alnof Dinar Lc yang merupakan Sekjend Organisasi Kolaborasi Masjid Pemberdaya Masjid (KMP) Riau dan juga Ketua Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU) Binaan Ustad Abdul Somad (UAS). 

Dalam sambutannya, Riki Sonata, Ketua RW 021, Kelurahan Sialang Munggu mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pengurus Masjid Al-Anshor, hal ini menurutnya sangat baik sekali, di mana pengurus masjid bisa kemudian memaksimalkan peran masjid bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. 

"Pengurus dan jamaah Masjid Al-Anshor sudah melakukan fungsinya dengan baik, tinggal bagaimana lagi memaksimalkan potensi-potensi yang ada sehingga bisa bermanfaat bagi masyrakat sekitar masjid," ujarnya. 

Di sisi lain, Ustadz Alnof Dinar Lc juga mendorong penguatan peran sentral dan fungsi masjid dalam mengentaskan kemiskinan. Ada lima pilar fungsi Masjid Pemberdaya, yaitu Baitullah, Baitul Maal, Baitut Tarbiyah, Baitud Dakwah, dan Baitul Muamalah. 

Selain itu, para pengurus masjid penting untuk mengelola dan mengabdi dalam memakmurkan masjid bersifat professional. Hal ini agar hasil yang diharapkan dalam memberikan layanan kepada jamaah dan masyarakat di lingkungan masjid secara optimal. 

"Makanya, untuk bisa mewujudkan para pengurus masjid yang bekerja secara profesional dan secara utuh dalam memerhatikan dan memakmurkan masjid dari aspek kebutuhan dakwah, sosial ekonomi, kesehatan, dan pendidikan maka diperlukan manajemen yang rapi baik dari sisi tata kelola program ibadah maupun program ekonomi sehingga masjid memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan sebagai solusi atas permasalahan di masyarakat sekitar masjid," ujarnya. 

Terkait dengan kegiatan ini, Jos Bendri, ST, M.Si sebagai Ketua Masjid Al-Anshor Pekanbaru menjelaskan kalau kegiatan ini dilaksanakan selain wadah bersilaturrahmi antar pengurus masjid dan mushollah juga untuk berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana memakmurkan masjid dan memaksimalkan peran masjid. 

"Masjid selain difungsikan sebagai Bailtullah tempat dilaksanakannya ibadah mahdhah seperti salat, zakat, puasa, dan ibadah lain yang ditetapkan oleh syariah islam, Masjid juga berfungsi sebagai Baitul Muammalah untuk memberikan pemberdayaan ekonomi umat dan Baitul Maal untuk wadah menyalurkan zakat, infaq, sedeqah dan wakaf kepada sesama jamaah yang membutuhkan, belum lama ini, Masjid Al-Anshor juga turut berperan dalam melakukan penggalangan dana infaq dan sedeqah melalui unit pengumpul zakat masjid Al-anshor yang kemudian hasilnya digunakan untuk melakukan pembangunan kembali rumah warga yang mengalami musibah kebakaran,” jelasnya.

Berita Lainnya

Index