Jembatan Parit Landang Keritang Inhil Ambruk, Dinas PUPR Riau Gerak Cepat

Jembatan Parit Landang Keritang Inhil Ambruk, Dinas PUPR Riau Gerak Cepat
Kondisi Jembatan Parit Landang, Keritang Inhil, Jumat (23/6/2023).

SERAMBIRIAU.COM PEKANBARU -  Jembatan Parit Landang yang berada di jalan lintas Kota Baru - Selensen, Kecamatan Keritang roboh, Jumat (23/6/2023). Sebuah mobil jenis dum truk terperosok kedalam lubang disisi kiri jembatan. Mobil bermuatan pasir tersebut bahkan nyaris masuk kedalam parit.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung membantu sopir untuk mengeluakan mobinya yang terperosok kedalam lubang ditengah jembatan yang ambruk. Dibantu warga sekitar, muatan pasir dalam mobil tersebut langsung di turunkan. Setelah itu mobil ditarik dari dalam lubang dan dibawa ke sisi jalan yang aman.

Ahmadi warga sekitar mengungkapkan, kondisi jembatan yang kontruksinya terbuat dari kayu tersebut memang sudah lama dibiarkan rusak. Karena tidak ada perhatian dari pemerintah, warga pun berinisiatif menimbun jembatan tersebut dengan tanah sebagai lantai jembatan.

"Kayu peyangganya sudah lapuk, pas ada mobil muatan berat tidak sanggup dia, karena jembatan itu lantainya dari kayu ditimbun pakai sertu," katanya.

Mendapat laporan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahn (PUPR PKPP) Riau melalui UPT Wilayah IV langsung bergerak cepat. Pihaknya langsung turun ke lokasi dan melakukan perbaikan jembatan yang roboh tersebut.

"Segera kita perbaiki, sekarang material untuk perbaikan jembatan itu sedang kita siapkan," kata Kepala UPT Wilayah IV Dinas PUPR PKPP Riau, Yunnan, Jumat (23/6/2023).

Yunan membenarkan jembatan yang roboh tersebut usianya memang sudah tua dan kontruksinya masih tbuat dari kayu. Pada bagian lantai dan tiang penyangga jembatan tersebut sudah lapuk, sehingga saat ada mobil berat melintas kayu tersebut tidak mampu menahan beban dan akhirnya ambruk kebawah.

"Itu jembatan kayu sudah lapuk, kami akan buat baru, hari ini kita masukkan alat berat untuk membongkar jembatan itu. Setelah tu baru kita perbaiki dengan meterial yang baru," katanya. (***)


 

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index