Penerapan Etika Bisnis dan strategi marketing

pada Masa Pandemi di Umkm kuliner

pada Masa Pandemi di Umkm kuliner
Ilustrasi

Dalam Rangka Memenuhi Tugas Mata Kuliah Etika Bisnis Dan Profesi , Kami Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau ( UMRI ) Berkesempatan Untuk Membuat Tugas Esai ini , Adapun Anggota kelompok Yang Berpatisipasi Dalam Pembuatan Tugas Essai Ini adalah Rio Andisfa Dan Yogi Triwidyatmoko Mahasiswa Semester 7 Dari Program Studi Akuntansi , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , Dosen Pengampu Yaitu Bapak Agustiawan,SE.,M.Sc.,Ak.

UMKM sendiri di hadapkan pada permasalahan dimana penurunan bahan baku, penjualan, hambatan produksi maupun distribusi, kesulitan permodalan, dan kurang nya pengetahuan tekhnologi informasi. Penerapan Etika Bisnis dan strategi bisnis dilakukan demi terwujudnya keberlanjutan suatu usaha di masa pendemi global yang berlangsung
dan juga ketika pendemi telah selesai demi penguatan manajemen bisnis.
Virus Corona atau Covid-19 telah menjadi Pandemi yang mengancam kesehatan manusia di seluruh dunia. 

Di kutip dari laman covid.go.id hingga penelitian ini dilakukan WHO mnenyatakan jumlah kematian di seluruh dunia mencapai 6.981.701 jiwa
dengan tingkat kematian mencapai 400.857 dan pasien terkonfirmasi sembuh sebanyak 3.130.718. 

Data menunjukkan 32.033 orang di seluruh Indonesia terinfeksi corona-19
Usaha mikro kecil dan menengah atau yang biasa disingkat UMKM menurut
Tambunan (2009:17) adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri,
dijalankan oleh orang perorangan ataupun badan usaha yang tidak termasuk bagian dari anak perusahaan atau anak cabangnya.

Dalam etika bisnis berlaku prinsip-prinsip yang seharusnya dipatuhi oleh para pelaku bisnis. Menurut Sonny Keraf (1998:79), prinsip dimaksud adalah :
1. Prinsip Otonomi, yaitu kemampuan mengambil keputusan dan bertindak
berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawab secara moral atas keputusan yang diambil.

2. Prinsip Kejujuran, bisnis tidak akan bertahan lama apabila tidak berlandaskan kejujuran karena kejujuran merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis (misal,
kejujuran dalam pelaksanaan kontrak, kejujuran terhadap konsumen, kejujuran
dalam hubungan kerja dan lain-lain).

3. Prinsip Keadilan, bahwa tiap orang dalam berbisnis harus mendapat perlakuan yang sesuai dengan haknya masing-masing, artinya tidak ada yang boleh dirugikan haknya.

4. Prinsip Saling Mengutungkan, agar semua pihak berusaha untuk saling
menguntungkan, demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.

5. Prinsip Integritas Moral, prinsip ini merupakan dasar dalam berbisnis dimana para pelaku bisnis dalam menjalankan usaha bisnis mereka harus menjaga nama baik perusahaan agar tetap dipercaya dan merupakan perusahaan terbaik. 

Dalam etika bisnis berlaku prinsip-prinsip etika yang harus di patuhi pelaku bisnis. Prinsip tersebut antara lain: prinsip otonomi yaitu pengambilan keputusan dan
Tindakan atas dasar tanggung jawab moral. Prinsip kejujuran sebagai kunci
keberhasilan setiap bisnis. Prinsip keadilan demi meneTarakan setiap orang dalam bisnis diperlakukan yang sama. Prinsip saling menguntungkan demi memastikan semua pihak mendapatkan hak yang sama. Prinsip integritas moral merupakan prinsip dasar dalam menjalankan usaha demi nama. 

Strategi Marketing Bisnis umkm yang kami ambil dalam studi kasus ini adalah di sector kuliner seafood gerai bahari yang sudah berjalan sejak 1 tahun yang lalu, bisnis ini menggunakan stategi marketing baik secara online maupun melayani penjualan secara dine in. 

Secara online dilakukan secara pengguanaan go food maupun grabfood bahkan menggunakan selebgram yang terkenal di pekanbaru karena persaingan marketing yang terlalu sengit. 

Sehingga memanfaatkan peluang yang ada dalam masa pandemi. Usaha tersebut juga menggunakan strategi promosi sehingga bisa mengundang banyak pelanggan. Penerapan Etika Bisnis dan strategi bisnis dilakukan demi terwujudnya keberlanjutan atau sustainable suatu usaha di masa pendemi global yang berlangsung dan juga Ketika pendemi telah selesai demi
penguatan manajemen bisnis.

Dengan perkembangan tekhnologi bisnis gerai bahari tersebut memanfaatkan peluang dengan menggunakan jual online sehingga bisa memudahkan para pelanggan yang malas keluar karena takut terkena covid jadi bisa memesan lewat online dengan grabfood mauapun gofood. Strategi yang digunakan seperti pemasangan sosial media membuat web site, penjualan menggunakan marketplace, membuat video promosi.

Berita Lainnya

Index